Bursa Transfer

Patrick Kluivert Imbau Sang Putra ke Liga Spanyol

Haryo Jati Waseso · Kamis, 15 Februari 2018 - 20:13 WIB

Penyerang Ajax Amsterdam Justin Kluivert. (Foto: AFP/Olaf Kraak)

AMSTERDAM, iNews.id - Winger Ajax Amsterdam Justin Kluivert merupakan penyerang muda yang tengah bersinar dan menjadi incaran sejumlah klub besar Eropa. Namun, sang ayah Patrick Kluivert mengimbau sang putra untuk memilih bergabung dengan klub La Liga ketimbang Premier League.

Bukan rahasia klub besar Inggris Manchester United (MU) menginginkan pemain 18 tahun itu. Bahkan Pelatih MU Jose Mourinho, sempat menemuinya ketika Setan Merah mengalahkan Ajax di final Liga Europa musim lalu.

Ketika itu, Mourinho mengatakan kepadanya untuk bergabung dengan MU. Namun, pemikiran berbeda dilontrak ayahnya. Menurut Kluivert, anaknya tersebut lebih baik bergabung dengan klub La Liga.

Bagi Kluivert senior, Liga Spanyol tak asing dengannya. Pria yang kini berusia 41 tahun itu sempat menjadi andalan lini depan Barcelona dan juga Valencia. Bahkan di klub yang pertama disebut, dia mampu membukukan 122 gol di semua ajang, selama enam musim bergabung.

Namun, pria yang sempat menanganai tim nasional Curacao itu menegaskan bahwa putranya harus bertahan lebih dulu di Ajax, setidaknya setahun lagi untuk mempersiapkan dirinya berkelana keluar Belanda.

“Justin saat ini bermain dengan baik dan harus mempertahankannya. Dia harus tetap rendah hati. Saya katakan padanya, dia masih berusia 18 tahun dan harus rileks, serta bertahan setahun lagi di Ajax. Anda harus kuat secara mental dan fisik, jika ingin bermain di negara dan liga yang baru,” ujarnya seperti dikutip ESPN.

“Kemudian terjadilah. Sangat sulit berkata tidak kepada Barca,dan klub besar lainnya. Terpenting adalah memilih tim yang cocok dengan gayanya, bukan yang membayar lebih. Saya melihatnya bermain di Liga Spanyol ketimbang Premier League, namun semua adalah keputusannya,” tuturnya menambahkan.

Justin Kluivert merupakan bakat yang dibentuk dan dibina oleh Ajax. Sempat berlaga dengan Jong Ajax, dia kemudian melakoni laga perdana dengan Ajax senior pada Januari 2015.

Pemain yang berposisi sebagai sayap kiri itu, mencetak gol perdananya pada 19 Maret 2017,  ketika De Godenzonen ditahan imbang Excelsior 1-1. Musim ini, Kluivert sukses mencetak hattrick, ketika Ajax mengalahkan Roda JC 5-1, November lalu. Dari 41 penampilan, dia telah membuat delapan gol.


Editor : Haryo Jati Waseso

KOMENTAR