Liga Champions

Pochettino: Tottenham Lebih Layak Menang Atas Juventus

Abdul Haris · Rabu, 14 Februari 2018 - 07:12 WIB

Mauricio Pochettino (Foto: Miguel MEDINA / AFP)

TURIN, iNews.id – Pelatih Tottenham Hotspur Mauricio Pochettino menyebut timnya lebih layak menang saat imbang 2-2 kontra Juventus pada leg pertama 16 besar Liga Champions, Rabu (14/2/2018) dini hari WIB.

Main di Allianz Stadium, The Lilywhites sempat tertinggal dua gol tuan rumah yang diborong Gonzalo Higuain melalui sontekannya pada menit kedua, dan lewat eksekusi penalti pada menit ke-9. Namun, pesta Si Nyonya Tua itu dibatalkan dua gol balasan Tottenham melalui Harry Kane (35), dan tendangan bebas Christian Eriksen (71).

Berkaca pada statistik, Tottenham lebih menguasai permainan. Mereka mampu menguasai 63 persen bola berbanding 37 persen. Harry Kane dkk seolah tak sadar kalau mereka main di kandang lawan.

“Kami mendominasi Juve sepanjang pertandingan. Kami memainkan sepak bola gaya kami. Mungkin pada gol pertama, Higuain dalam posisi offside. Setelah tertinggal 0-2, tim saya menunjukkan reaksi hebat,” tutur Pochettino kepada Mediaset Premium.

Secara matematis, hasil ini jelas menguntungkan Tottenham pada leg kedua di Wembley, Kamis (8/3/2018) dini hari WIB. Mereka hanya butuh skor imbang tanpa gol atau maksimal 1-1 untuk melaju ke perempat final. Namun, Pochettino menolak hitung-hitungan seperti itu.

“Kualifikasi untuk perempat final masih terbuka karena Juve tim yang sangat kuat. Leg kedua akan menjadi pertandingan kompetitif. Saya senang orang terhibur menonton pertandingan ini,” pelatih asal Argentina itu memaparkan.


BACA JUGA: Hasil Liga Champions: Sempat Unggul, Juventus Ditahan Tottenham


Namun, kepada televisi Inggris BT Sport sang arsitek juga mengumbar sanjungannya kepada pasukannya. Dia mengaku senang dengan cara para pemainnya merespons tekanan di kandang lawan.

“Karakter yang kami tunjukkan hari ini fantastis. Pertama saya ingin berterima kasih kepada para pemain, karena reaksi mereka saat tertinggal 0-2 di Turin melawan tim yang sulit ditaklukkan. Saya pikir pada akhirnya kami lebih layak menang ketimbang hanya hasil imbang,” ucapnya.  

“Penting untuk mengakui dan memberi selamat kepada para pemain, karena usaha dan karakter yang ditunjukkan. Tentu, kami lebih matang. Kami telah mengatakan selama beberapa pekan terakhir bahwa tim tersebut tumbuh dan melangkah maju. Pada saat yang sulit, karena tertinggal 0-2 sangat sulit, dan tim luar biasa dalam bereaksi,” ujarnya.

Terlepas dari performa timnya yang menawan, Pochettino juga mengakui ada faktor keberuntungan yang bermain dalam menentukan hasil pertandingan tersebut. Ya, ini berkaitan dengan gagalnya Higuain menceploskan gol ketiga karena eksekusi penaltinya di akhir babak pertama membentur mistar gawang atas. Padahal, kalau gol, mental para pemain Tottenham bisa jadi merosot karena tertinggal 1-3.

“Benar, Anda butuh keberuntungan dalam sepak bola. Benar skor 1-2 tak sama dengan 1-3, tapi dalam momentum itu tim tak terpuruk saat tertinggal dua gol. Kami bermain jauh lebih baik di babak kedua,” Pochettino mengungkapkan.

“Dan pada akhirnya hasil imbang bagus, tapi ada juga sedikit penyesalan, karena kami jauh lebih baik dari mereka. Persaingan masih terbuka. Juventus klub besar, tentu mereka bisa menang di Wembley, tapi kami juga berharap bisa mengalahkan mereka dan akan bagus bermain di depan fans kami,” kata Pochettino.


Editor : Abdul Haris

KOMENTAR