Liga Champions

Prediksi Porto Vs Liverpool: Ancaman Trisula Maut Tim Tamu

Abdul Haris · Rabu, 14 Februari 2018 - 14:31 WIB

FC Porto akan menjamu Liverpool pada leg pertama 16 besar Liga Champions di Estadio Do Dragao, Kamis (15/2/2018) dini hari WIB.

PORTO, iNews.id – FC Porto harus siap-siap pasang barikade menahan gempuran trisula maut Liverpool pada leg pertama 16 besar Liga Champions, Kamis (15/2/2018) dini hari WIB.

Main di kandang sendiri di Estadio Do Dragao bukan jaminan buat Porto bisa memetik kemenangan. Trio Mohamed Salah, Roberto Firmino, dan Sadio Mane bisa mengacaukan harapan tuan rumah. Ancaman itu keluar dari mulut Firmino. Striker Brasil itu sesumbar akan memberikan penderitaan kepada lini pertahanan Porto.

Liverpool menembus fase knock-out setelah finis sebagai juara Grup E dengan mencetak 23 gol, kedua tersubur setelah Paris Saint-Germain (25). 60,8 persen gol The Reds di ajang ini disumbang trio tersebut. Firmino mencetak enam gol, Salah lima, dan Mane tiga.  

Sebenarnya, Philippe Coutinho juga ikut menyumbang lima gol, sebelum pindah ke Barcelona, bulan lalu. Namun, kehilangan “Si Penyihir” asal Brasil itu tak terlalu berpengaruh pada daya gedor klub Merseyside itu. Paling tidak, Salah tetap menunjukkan produktivitasnya dengan mengemas total 29 gol di semua ajang musim ini.  

Torehan gol Firmino di Liga Champions musim ini mendekati raihan Cristiano Ronaldo (9), dan Harry Kane (6). Dia berambisi bisa melewati apa yang dicapai dua pesaingnya itu.

“Kami akan membuat kehidupan Porto menderita. Jika saya tampil bagus, maka gol akan hadir. Saya akan berusaha tampil terbaik untuk tim dan berusaha menyamai para pemain terbaik di Eropa itu,” ucap Firmino, dikutip AFP.  

Yang pasti, kehadiran trio maut itu membuat Pelatih Liverpool Juergen Klopp optimistis bisa melakoni turnamen antarklub paling elite di Benua Biru itu. Dia menyebut kemenangan 4-3 Liverpool atas Manchester City pada Premier League jadi salah satu buktinya.

“Saya tahu kami bisa bersaing dengan klub-klub top Eropa. Mungkin, terkuat saat ini adalah Manchester City, dan kami sudah menghadapi mereka dua kali di level tertinggi,” pelatih asal Jerman itu mengungkapkan.   

Ancaman itu pun ditanggapi serius oleh Nakhoda Porto Sergio Conceicao. Dia memerintahkan lini pertahanannya untuk merapatkan barikade untuk membendung gempuran The Reds. Modalnya sudah ada, setidaknya mereka hanya kebobolan sekali dari enam laga terakhir di Liga Portugal, dan Piala Portugal. “Konsistensi pertahanan tim adalah kuncinya,” ucapnya.

Pada laga nanti, Porto dipastikan tanpa Felipe yang terjerat sanksi, dan Danilo yang berkutat dengan cedera. Sedangkan striker Vincent Aboubakar masih ditunggu kondisi terkininya. Sementara Liverpool juga tak bisa memainkan Emre Can yang terkena sanksi, dan bek sayap Nathaniel Clyne yang cedera, serta Joe Gomez, dan Ragnar Klavan juga diragukan kondisinya.

Secara statistik, Liverpool tak pernah kalah melawan Porto. Dari empat pertemuan di semua ajang, The Reds sukses menang dua kali, dan imbang dua kali dalam pertemuan terkini di Portugal.

Liverpool juga datang sebagai satu dari empat tim yang tak pernah kalah di Liga Champions musim ini selain Barcelona, Besiktas dan Tottenham Hotspur.


PERKIRAAN PEMAIN

FC PORTO (4-4-2)
Casillas; Pereira, Reyes, Marcano, Telles; Corona, Herrera, Oliveira, Brahimi; Soares, Marega
Pelatih: Sergio Conceicao

LIVERPOOL (4-3-3)
Karius; Alexander-Arnold, Matip, Van Dijk, Robertson; Wijnaldum, Henderson, Chamberlain; Salah, Firmino, Mane
Pelatih: Juergen Klopp.


REKOR PERTEMUAN

29/11/2007

Liga Champions

Liverpool vs Porto

4-1

19/09/2007

Liga Champions

Porto vs Liverpool

1-1

15/03/2001

Piala UEFA

Liverpool vs Porto

2-0

08/03/2001

Piala UEFA

Porto vs Liverpool

0-0

Prediksi: 45-55


Editor : Abdul Haris

KOMENTAR