Liga Champions

Prediksi Real Madrid Vs PSG: Uji Kelayakan Sang Juara Bertahan

Abdul Haris · Rabu, 14 Februari 2018 - 11:31 WIB

Real Madrid akan menghadapi Paris Saint-Germain pada leg pertama 16 besar Liga Champions di Santiago Bernabeu, Kamis (15/2/2018) dini hari WIB.

MADRID, iNews.id – Terpuruk di La Liga bukan berarti Real Madrid bakal mudah dijinakkan Paris Saint-Germain pada leg pertama 16 besar Liga Champions di Santiago Bernabeu, Kamis (15/2/2018) dini hari WIB. Bisa jadi, Los Blancos kembali menunjukkan hegemoninya di ajang ini.

Jangan lupa, DNA Madrid ada di Eropa. Mereka memenangkan turnamen ini 12 kali, terbanyak ketimbang klub lainnya di Benua Biru. Dan musim ini mereka datang sebagai juara bertahan dua musim beruntun.

Memang, di La Liga Madrid terpuruk di peringkat 4 klasemen, tertinggal 17 poin dari Barcelona yang ada di puncak. Mereka juga sudah tersingkir dari Copa del Rey. Namun, situasi ini justru bisa melecut klub ibu kota Spanyol itu untuk fokus di Liga Champions. Selain itu, Cristiano Ronaldo dkk juga tak pernah kalah dalam 17 laga Eropa terakhir di kandang sendiri.

Apalagi, ajang ini bisa jadi menentukan masa depan Pelatih Zinedine Zidane. Jika kembali tersingkir di ajang ini dan Madrid mengakhiri musim ini tanpa titel, maka hampir pasti dia harus angkat koper dari kantornya di Santiago Bernabeu, meski sang arsitek mengaku tak mengkhawatirkan nasibnya.

“Saya tak memikirkan masa depan saya. Saya hanya fokus pertandingan ini. Saya hanya bisa mengendalikan apa yang terjadi di lapangan dan bersiap untuk itu. Itu lebih penting,” ujar nakhoda asal Prancis itu, dikutip AFP.

 

Cristiano Ronaldo menahan bola dengan dadanya pada latihan. (Foto: AFP)

 

Sulit membayangkan juara Eropa tiga kali dalam empat musim itu tersingkir prematur pada babak 16 besar ajang ini. Secara statistik, Madrid minimal menembus semifinal dalam tujuh musim terakhir.

Terakhir kali mereka terdepak di 16 besar terjadi pada 2009/2010 disingkirkan klub Prancis Olympique Lyon. Ini juga menjadi pengalaman pertama Zidane menghadapi tim dari negaranya itu.

“Ya, saya dari Marseille dan Paris selalu menjadi rival kami. Tapi ini Madrid, jadi saya tidak memikirkannya. Mudah-mudahan ini bakal menjadi pertarungan yang indah,” ujar Zidane berharap.

Pesona duel dua megabintang milik Madrid Cristiano Ronaldo dengan Neymar Jr, pemain termahal dunia milik PSG, tak bisa dilepaskan dari pertandingan nanti.

“Mereka dua pemain hebat. Kami bicara tentang seorang pemain (Ronaldo) yang sudah meraih lima Ballons d'Or, cetak 500 gol. Saya tak mau membandingkan mereka. Saya hanya bicarakan pemain saya. Apakah saya akan mengawal Neymar? Tak ada komentar,” tutur Zidane.

 

Para pemain PSG tampak santai jelang lawan Real Madrid. (Foto: AFP)

 

Ronaldo sudah berusia 33, tujuh tahun lebih senior ketimbang Neymar. Dia menjadi top skor di fase grup dengan 9 gol. Namun, Neymar langsung menunjukkan kontribusinya dengan menyumbang 28 gol dan 16 assists dalam 27 penampilannya sejak dibeli Le Parisiens dari Barcelona senilai 222 juta euro awal musim ini.

Striker asal Brasil itu juga membawa PSG mencetak 25 gol di fase grup, paling subur dari kontestan lainnya musim ini. “Saya senang memiliki Neymar,” ucap Pelatih PSG Unai Emery yang akan menghadapi klub dari negaranya.  

Musim lalu, PSG punya kisah pahit di 16 besar saat pesta 4-0 mereka atas Barcelona di kandang, gagal membawa mereka ke perempat final. Sebab, mereka kandas 1-6 pada laga kedua, dengan Neymar menjadi otak kebangkitan Barcelona di Camp Nou. Namun, kini Neymar sudah ada di sisi mereka.

“Kami sudah belajar banyak. Saya pikir persiapan kami lebih baik sekarang, dan kami siap bersaing,” Emery menegaskan optimismenya.

Pada laga nanti, Madrid dipastikan kehilangan Dani Carvajal yang terjerat sanksi. Sementara Dani Ceballos diragukan kebugarannya. Sedangkan PSG, hanya kiper Kevin Trapp yang sudah pasti absen karena cedera. Namun, mereka masih menunggu kondisi terkini Thiago Motta, Edinson Cavani, dan Layvin Kurzawa.


PERKIRAAN PEMAIN
REAL MADRID (4-3-3)
Navas; Nacho, Varane, Ramos, Marcelo; Modric, Casemiro, Kroos; Bale, Benzema, Ronaldo
Pelatih: Zinedine Zidane

PARIS SAINT-GERMAIN (4-3-3)
Areola; Dani Alves, Marquinhos, Thiago Silva, Kurzawa; Verratti, Celso, Rabiot; Mbappe, Cavani, Neymar
Pelatih: Unai Emery


LIMA PERTEMUAN TERAKHIR

28/07/2016

ICC

Real Madrid vs PSG    

1-3

04/11/2015

Liga Champions

Real Madrid vs PSG

1-0

22/10/2015

Liga Champions

PSG vs Real Madrid

0-0

02/01/2014

Uji Coba

PSG vs Real Madrid

0-1

28/07/2013

Uji Coba

PSG vs Real Madrid

0-1

Prediksi: 50-50


Editor : Abdul Haris

KOMENTAR