MAN OF THE MATCH

Ronaldo Ukir Rekor Baru di Liga Champions

Abdul Haris · Kamis, 07 December 2017 - 08:38 WIB

Cristiano Ronaldo. (Foto: Reuters)

MADRID, iNews.id – Cristiano Ronaldo kembali mengukir rekor baru menjadi pemain pertama yang selalu mencetak gol dalam enam matchday fase grup Liga Champions.

Musim ini, dia mencetak dua gol masing-masing di kandang dan tandang kontra APOEL Nicosia, dan masing-masing satu kontra Tottenham Hotspur. CR7 kembali cetak satu gol saat melibas Borussia Dortmund 3-1 di Santiago Bernabeu, Kamis (6/12/2017) dini hari WIB, mengulangi dua golnya saat membawa Madrid menang dengan skor dan tim yang sama di Jerman, 26 September lalu. 

Pada 24 jam sebelumnya, Neymar Jr gagal mencetak gol di seluruh enam matchday fase grup saat Paris Saint-Germain kandas 1-3 di markas Bayern Muenchen. Padahal, di lima matchday sebelumnya dia selalu bikin gol yang membantu Le Parisiens mengukir rekor tim tersubur dengan 25 gol di fase grup sepanjang sejarah.

Total, Ronaldo mengukir sembilan gol di Liga Champions musim ini, dua gol di bawah rekor 11 golnya pada fase grup 2015/2016. Kini, dia mengoleksi 60 gol fase grup dalam sepanjang keikutsertaannya di kompetisi paling elite antarklub Eropa ini bersama Manchester United, dan Madrid, setara dengan rekor milik ikon Barcelona Lionel Messi. Namun, Ronaldo masih unggul dalam total gol sepanjang sejarah turnamen ini sebanyak 114 gol, sementara Messi di urutan kedua dengan 97 gol. 

“Saya sangat senang, kami ingin menyelesaikan fase grup dengan kemenangan. Saya juga cetak gol. Saya menolong tim menang dengan satu gol indah. Rekor juga penting, saya sangat senang,” ungkap Ronaldo di mixed zone Santiago Bernabeu selepas laga, dikutip Marca.

“Harapannya kami bisa juara Liga Champions lagi. Hal terpenting adalah melewati fase grup, dan target kami juara Liga Champions,” tutur striker yang membantu Madrid menjadi satu-satunya tim yang juara dua kali beruntun di turnamen ini pada 2016 dan 2017 sejak format baru diberlakukan pada 1992.

Ketajaman striker Portugal itu di Liga Champions berbanding terbalik dengan torehan di La Liga musim ini yang baru mengemas dua gol dari 10 penampilannya. Menurutnya, di Liga Champions menjadi ajang yang paling dia sukai untuk main. “Ini kompetisi yang saya sangat suka untuk tampil. Tentu saya juga suka bikin gol di ajang ini,” ucapnya.


Top Skor Sepanjang Masa Liga Champions (tak termasuk kualifikasi)

Gol

Nama (Klub)

114

Cristiano Ronaldo (Manchester United, Real Madrid)

97

Lionel Messi (Barcelona)

71

Raul Gonzalez (Real Madrid, Schalke)

56

Ruud van Nistelrooy (PSV Eindhoven, Manchester United, Real Madrid)

53

Karim Benzema (Lyon, Real Madrid)

 

Top Skor Fase Grup Liga Champions Sepanjang Sejarah

Gol

Nama (Klub)

60

Lionel Messi (Barcelona), Cristiano Ronaldo (Manchester United, Real Madrid)

40

Karim Benzema (Lyon, Real Madrid)

32

Zlatan Ibrahimovic (Ajax, Juventus, Inter Milan, Barcelona, AC Milan, PSG, Manchester United)

29

Raul Gonzalez (Real Madrid, Schalke)


Editor : Abdul Haris

KOMENTAR