Liga Champions

Siapa Raja Eropa, Messi atau Ronaldo?

Haryo Jati Waseso · Rabu, 14 Februari 2018 - 18:07 WIB

Penyerang Real Madrid terbaik untuk urusan mencetak gol di Liga Champions. (Foto: AFP)

JAKARTA, iNews.id - Bintang Barcelona Lionel Messi dan Penyerang Real Madrid Cristiano Ronaldo memiliki rivalitas tinggi. Keduanya ingin membuktikan siapa yang terbaik, tak hanya di Spanyol namun juga di tingkat Eropa, khususnya di Liga Champions.

Catatan gol keduanya jelas menjadi penanda, siapakah yang menjadi raja gol di Liga Champions. Ternyata, hingga saat ini Ronaldo masih mengungguli Messi. Kapten tim nasional (timnas) Portugal itu telah menyarangkan 114 gol.

Sedangkan, Messi tepat dibawahnya dengan perolehan 97 gol. Namun, Ronaldo meraih perolehan tersebut di dua klub yang berbeda, bersama Manchester United dan juga Madrid. Sementara Messi melakukannya hanya dengan Barcelona.

Ronaldo menorehkan jumlah tersebut dari 146 pertandingan, dan Messi melakukannya dari 121 pertandingan. Pada Liga Champions musim ini, pencapaian gol Ronaldo juga lebih baik dibandingkan rivalnya tersebut.

Penyerang 33 tahun tersebut telah membukukan sembilan gol, Messi baru mencetak tiga gol. CR7 juga berhasil membukukan namanya sebagai top skorer kompetisi sebanyak enam kali, sedangkan Messi hanya lima kali.

Secara pribadi Messi sempat mengungkapkan, bahwa dengan rivalitas keduanya, amat sulit untuk bisa menjadi sahabat.

“Saya  tak tahu, apakah kami bisa menjadi teman (di masa mendatang). Persahabatan, terbangun setelah menghabiskan waktu bersama dan mengenal satu sama lain,” ujar Messi seperti dilansir Daily Mail

“Kami tak memiliki hubungan, karena hanya bertemu satu sama lain di ajang penghargaan dan hanya ketika itu kami berbicara. Semua baik-baik saja, namun hidup kami sangat jarang bersilangan,” tutur mantan pemain muda Newell’s Old Boys itu.

Namun, jika membicarakan siapa yang mampu mencetak gol lebih dulu di Liga Champions,  Messi jelas lebih unggul. Andalan timnas Argentina itu mencetak gol perdananya, di ajang kompetisi tertinggi antarklub Eropa tersebut pada 2 November 2005.

Ketika itu, sang pemain mencetak gol ketika Barca mengalahkan Panathinaikos 5-0, pada fase grup. Sedangkan Ronaldo, baru mampu membukukan gol saat masih bersama MU, ketika mengalahkan AS Roma 7-1 pada leg kedua partai perempat final, 10 April 2007.


Editor : Haryo Jati Waseso

KOMENTAR