BEST MOMENT

Tahukah Anda, Sejak Kapan Sepak Bola Dimainkan?

Abdul Haris · Selasa, 05 December 2017 - 11:03 WIB

Sejumlah anak-anak memainkan sepak bola di sebuah pedesaan di Afrika. (Foto: unicefusa.org)

TAK terbantahkan lagi, sepak bola menjadi permainan paling popular di seluruh dunia. Lebih dari 250 juta orang di 200 negara memainkan olahraga tendang menendang si kulit bundar itu.

Namun, tahukah Anda, sejak kapan olahraga ini mulai dimainkan?

Para ahli sejarah mencatat, orang-orang Yunani Kuno dan Romawi diketahui sudah memainkan banyak permainan yang menggunakan bola, yang di antaranya ada yang melibatkan kaki.

Pertandingan harpastum Romawi diyakini telah diadaptasi dari permainan tim Yunani yang dikenal sebagai episkyros atau phaininda pada abad 3 Sebelum Masehi (SM). Permainan tersebut lebih menyerupai rugby. Namun, oleh Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA), episkyros diakui sebagai bentuk awal sepak bola.

 

Sebuah lukisan menggambarkan permainan Tsu Chu
pada masa Dinasti Han di China. (Foto: wikipedia.org)

 

Di China, ada juga permainan menggunakan bola yang dilapisi kulit pada masa Dinasti Han pada abad kedua dan ketiga SM. Mereka menggiringnya menggunakan kaki dan mengarahkannya ke gawang yang relatif kecil.  Orang-orang pada masa itu menyebut permainan itu Tsu Chu atau Cuju. FIFA juga mengakui permainan itu sebagai versi awal dari sepak bola yang menggunakan peraturan umum.

Bukan hanya orang China, di Jepang juga beredar versi lain dari Cuju bernama Kemari selama periode Asuka yang dimainkan di dalam istana kekaisaran Jepang di Kyoto sekitar tahun 600 Masehi.

Namun berbeda dengan Cuju, dalam Kemari bola tidak digiring menuju gawang. Dalam permainannya, sekelompok orang berdiri membentuk lingkaran dan menendang bola satu sama lain berusaha agar si kulit bundar tak jatuh ke tanah.

Permainan ini sempat hilang sekitar sebelum pertengahan abad ke-19, namun dihidupkan kembali pada tahun 1903, dan sekarang kerap dimainkan di sejumlah festival di negeri Sakura itu.

 

Masyarakat Jepang masih memainkan Kemari
pada sejumlah festival negara mereka. (Foto: wikipedia.org)



Selain itu, ada sejumlah referensi permainan bola tradisional, kuno, atau prasejarah yang dimainkan oleh masyarakat adat di berbagai belahan dunia. Misalnya, pada tahun 1586, sekelompok pria dari sebuah kapal yang dikomandoi seorang penjelajah Inggris bernama John Davis, bermain sepak bola saat mendarat dengan orang-orang Inuit (Eskimo) di Greenland.

Ya, cikal bakal permainan ini mungkin dari banyak permainan jauh di masa lampau. Namun, sumber utama sepak bola modern tampaknya bermula di Eropa barat, terutama Inggris.

Pada abad pertengahan referensi awal untuk permainan bola yang dimainkan di Inggris berasal dari abad ke-9 Historia Brittonum, yang menggambarkan "pesta anak laki-laki  bermain bola". Sementara referensi permainan bola di utara Perancis dikenal sebagai La Soule atau Choule di mana bola didorong oleh tangan, kaki, dan tongkat, sejak abad ke-12.

Bentuk awal sepak bola di Inggris terkadang juga disebut mob football yang dimainkan di antara kota-kota dan desa-desa yang melibatkan jumlah pemain yang tidak terbatas pada tim lawan yang akan bentrok secara massal. Permainan ini dimainkan terutama selama festival keagamaan, seperti Natal, atau Paskah.

 

Sebuah ilustrasi permainan mob football
di Inggris pada abad ke-9. (Foto: wikipedia.org)



Sepak bola modern berkembang sangat pesat di Inggris dengan menerapkan peraturan-peraturan dasar dan menjadi sangat digemari oleh berbagai kalangan. Namun, di beberapa kompetisi, permainan ini menyebabkan banyak kekerasan selama pertandingan. Sampai-sampai Raja Edward III melarang olahraga ini dimainkan pada tahun 1365. Raja James I dari Skotlandia juga mendukung larangan memainkan sepak bola.

Biar begitu, perkembangan sepak bola tetap tak terbendung. Kelahiran sepak bola modern terjadi di Freemasons Tavern pada tahun 1863 ketika 11 sekolah dan klub berkumpul dan merumuskan aturan baku untuk permainan tersebut. Pada tahun tersebut, Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) terbentuk menjadi badan pengatur olahraga pertama di dunia. Seiring dengan itu, terjadi pemisahan yang jelas antara rugby dengan sepak bola.

Pada tahun 1869, membawa bola dengan tangan mulai dilarang dalam sepak bola. Dalam perkembangannya, selama tahun 1800-an, permainan ini dibawa oleh pelaut, pedagang, dan tentara Inggris ke berbagai belahan dunia. Pada 21 Mei 1904, FIFA didirikan di Paris dipimpin Robert Guerin sebagai presiden pertamanya.


Editor : Abdul Haris

KOMENTAR