Kongres PSSI 2018

Usai Jalani Kongres, Ini Target PSSI untuk Timnas Indonesia

Reynaldi Hermawan · Sabtu, 13 Januari 2018 - 23:43 WIB

Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria (Foto: Reynaldi Hermawan/iNews.id)

JAKARTA, iNews.id – Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) telah rampung menggelar Kongres Tahunan yang diadakan di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Sabtu (13/1/2018). Pertemuan itu menghasilkan beberapa keputusan yang tentunya menginginkan sepak bola Indonesia bisa lebih baik kedepannya.

Kongres tersebut terbagi menjadi dua agenda, yakni Kongres Luar Biasa (KLB) dan Kongres Biasa. Dalam KLB, PSSI mengamandemen lima statuta antara lain mengenai hierarki organisasi, keorganisasian klub, penambahan lembaga terafiliasi, penetapan jumlah voters dan yang terakhir pengurangan komite tetap.

Sedangkan untuk Kongres Biasa, PSSI lebih menekankan ke dalam dua aspek yakni masa depan tim nasional Indonesia dan juga kompetisi yang akan diselenggarakan.

PSSI yang diwakili Sekretaris Jenderal, Ratu Tisha Destria mengungkapkan target yang dicanangkan pihaknya kepada timnas tidak main-main. “Kami ingin membantu timnas untuk menjuarai  Piala AFF. Bahkan, kami ingin membuat timnas menjadi top di Asean dan juga Asia,” kata Ratu kepada iNews.id usai kongres.

“Sementara untuk U-19 kami menargetkan masuk empat besar AFC. Tapi untuk U-16 mudah-mudahan bisa tembus tiga besar karena tim ini menjanjikan,” tutur wanita lulusan Fakultas Matematika Institut Teknologi Bandung itu.

Sedangkan untuk regulasi liga, PSSI membagi kompetisi menjadi tiga bagian. “Strata kompetisi 2018 yakni Liga 1 yang berisikan 18 klub, Liga 2 diikuti 24 klub dan Liga 3 terbagi menjadi dua bagian yakni fase provinsi dan nasional. Untuk Liga 3 kami harapkan bisa menggaungkan sepak bola daerah,” ujarnya

Kongres berlangsung dengan singkat, dimulai pukul 11.00 dan berakhir tepat jam 16.00 WIB. Selain dihadiri jajaran jajaran PSSI, diskusi itu juga dihadiri Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yang diwakili Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga, Mulyana serta Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) yang diwakilkan Wakil Ketua Umum Pusat, Suwarno.


Editor : Haryo Jati Waseso

KOMENTAR