Anak Magang Apple Jadi Dalang Sumber Kode iPhone yang Bocor

Dini Listiyani · Sabtu, 10 Februari 2018 - 12:03 WIB

Logo Apple (Foto: Reuters)

CUPERTINO, iNews.id - Sebagian kode sumber iOS bocor ke GitHub awal pekan ini. Informasi terbaru menyebutkan, sumber itu ternyata dibocorkan oleh mantan anak magang Apple.

Menurut Motherboard, anak magang yang mencuri kode itu membawa dan membagikannya ke sekelompok kecil teman di komunitas jailbreaking iOS untuk membantu usaha mereka menghindari sistem operasi mobile Apple yang terkunci.

Ternyata, anak magang Apple itu tidak hanya mencuri kode, kata salah satu penerima kode, anak magang itu juga mengambil semua jenis alat internal Apple.

Pada awalnya, kode itu dipastikan hanya tersebar di lingkaran pertemanan mereka. Namun, siapa sangka, kode itu tersebar di luar grup aslinya sekitar tahun lalu.

Pada akhirnya, kode itu diunggah di grup chat Discord dan dibagikan ke Reddit sekitar 4 bulan lalu. Akan tetapi, kode itu di-posting lagi ke GitHub minggu ini.

Apple tampaknya mengetahui bocoran kodenya tersebut dan meminta GitHub menghapus kode tersebut. Menurut Motherboard, seorang sumbe di Apple mengklaim, perusahaan sudah mengetahui adanya kebocoran sebelum kode itu sampai ke GitHub.

Sebagaimana dikutip iNews.id dari The Verge, Sabtu (10/2/2018), Apple sendiri tampaknya tidak peduli dengan masalah keamanan potensial, dengan perusahaan mencatat dalam sebuah pernyataan, kode itu sudah berusia 3 tahun dan keamanan produk mereka tidak bergantung pada kerahasiaan kode sumber itu.


Editor : Dini Listiyani

TAG : apple

KOMENTAR