Fitur Baru WhatsApp Bisa 'Singkirkan' Admin Grup

Dini Listiyani · Sabtu, 13 Januari 2018 - 12:08 WIB

WhatsApp (Foto: Ubergizmo)

CALIFORNIA, iNews.id - WhatsApp sedang menguji fitur baru yang memungkinkan admin grup 'menyingkirkan' admin lainnya, tanpa mengeluarkan orang dari grup. WhatsApp kedatapatan menguji fitur barunya di Android dan iOS.

Saat ini, ketika administrator ingin menghapus admin lainnya dari post, pertama-tama, admin perlu menghapus admin yang bersangkutan dari grup, kemudian menambahkan kembali. Namun dengan fitur baru yang diuji layanan pesan milik Facebook, hal itu tidak diperlukan lagi.

Menurut WABetaInfo, situs penggemar yang menguji fitur WhatsApp baru di awal, pilihan baru, hadir di bagian Info Group sebagai Dismiss as admin, memungkinkan admin untuk memberhentikan admin lain tanpa mengeluarkannya dari grup.

"Saat ini, WhatsApp mengembangkan fitur ini untuk iOS dan akan segera tersedia untuk semua pengguna. Namun untuk Android, ini sudah diaktifkan secara default di versi beta WhatsApp Google Play beta terbaru untuk Android 2.18.12," kata laporan tersebut, dikutip iNews.id dari NDTV, Sabtu (13/1/2018).

Platform perpesanan mobile yang populer itu, telah mengirimkan pengaturan Restricted Groups via Google Play Beta Programme di versi 2.17.430. Pengaturan  Restricted Groups hanya bisa diaktifkan oleh admin grup.

Admin bisa terus berbagi media dan mengobrol seperti biasanya karena mereka membatasi anggota lainnya. Setelah dibatasi, anggota lainnya hanya perlu membaca pesan mereka dan tidak akan bisa memberi tanggapan.

Mereka harus menggunakan tombol Message Admin untuk mengirim pesan atau berbagi media ke grup. Pesan itu perlu disetujui oleh admin sebelum membahas keseluruhan kelompok.

Aplikasi milik Facebook juga cenderung memberi lebih banyak wewenang kepada admin grup, di mana mereka bisa membatasi semua anggota lainnya agar tidak mengirim pesan teks, foto, video, GIF, dokumen, atau pesan suara.


Editor : Dini Listiyani

KOMENTAR