Gandeng 18 Produsen, Qualcomm Mulai Pengiriman Modem 5G Tahun Depan

Dini Listiyani · Jumat, 09 Februari 2018 - 13:07 WIB

Ilustrasi 5G (Foto: Phone Arena)

CALIFORNIA, iNews.id - Qualcomm mengumumkan, seri modem Snapdragon X50 5G NR akan ditemui di dalam perangkat yang dibuat oleh 18 produsen berbeda. Perusahaan-perusahaan tersebut akan menggunakan komponen Qualcomm itu untuk menghadirkan pengalaman jaringan mobile generasi kelima, 5G ke konsumen.

Adapun 18 perusahaan yang akan menggunakan Qualcomm Snapdragon X50 5G NR ialah Asus, Fujitsu Limited, Fujitsu Connected Technologies Limited, HMD Global, HTC, Inseego/Novatel Wireless, LG, NetComm Wireless, Netgear, Oppo, Sharp Corporation, Sierra Wireless, Sony Mobile, Telit, Vivo, Wingtech, WNC, Xiaomi, dan ZTE.

Modem Snapdragon X50 5G NR akan mulai dikirimkan pada 2019 dan membantu mengantarkan kecepatan dalam jangkuan multi-gigabit per second, dengan latensi yang jauh lebih rendah dibandingkan yang terlihat di jaringan 4G LTE saat ini.

Sebagaimana dikutip iNews.id dari Phone Arena, Jumat (9/2/2018), perancang chip mengatakan, smartphone berkemampuan 5G akan terhubung ke Wifi publik tanpa perlu log-in. Perusahaan chip asal Amerika itu mengklaim, handset ini akan menikmati download dan browsing lebih cepat, serta video call berkualitas tinggi.

Terakhir, jaringan 5G diklaim akan menghadirkan konektivitas internet bergerak yang superior, dan perusahaan itu mengatakan, suksesor 4G itu akan menawarkan kapasitas besar untuk mendukung permintaan konsumen untuk data unlimited.

Pada Oktober lalu, chip modem ini sendiri berhasil diuji dengan kecepatan download mencapai lebih dari 1 Gbps.


Editor : Dini Listiyani

KOMENTAR