Review Gadget

Garmin Vivoactive 3, Smartwatch yang Cocok untuk Pencinta Olahraga

Dini Listiyani · Selasa, 13 Februari 2018 - 10:07 WIB

Garmin Vivoactive 3 (Foto: Dini/ iNews.id)

NAMA Garmin mungkin sudah tidak asing lagi di telinga beberapa orang. Bahkan beberapa waktu lalu, Garmin sempat merilis smartwatch baru ke Indonesia yang diberi nama Vivoactive 3.

Jam pintar dari Garmin ini sekilas mirip dengan jam tangan pada umumnya, yakni berbentuk bulat. Layaknya jam tangan pintar, tentu saja jam tangan Garmin ini tidak hanya bisa berfungsi sebagai penunjuk waktu, tetapi juga untuk melacak kebugaran Anda dan mengontrol aktivitas ponsel, seperti mendengarkan musik yang bisa dikontrol dari smartwatch jika sudah disinkronkan dengan ponsel.

Namun, perlu diingat, sebelum menyinkronkan ponsel dengan smartwatch, ada aplikasi khusus yang mesti diunduh dari toko aplikasi di ponsel, baik berbasis Android maupun iOS bernama Garmin Connect. Setelah mengunduh aplikasinya, lakukan pairing dan ikuti langkah-langkah yang diperintahkan.

Berbicara soal Garmin Vivoactive 3, iNews.id berkesempatan untuk menjajal jam pintar ini lebih dalam. Seperti apa jam tangan tersebut? Simak ulasan lengkap mengenai jam tangan tersebut?


Desain
Seperti yang telah disebutkan di atas, jam tangan pintar ini sekilas mirip dengan jam tangan pada umumnya. Ada bezel stainles steel yang melingkar di pinggir jam tangan tersebut dan tombol di sebelahnya untuk power sekaligus memilih menu sport dan back.

Selain itu, Vivoactive 3 juga menyertakan kemampuan side swipe. Selama pemakaian jam, fitur ini sangat membantu untuk mengganti menu atau memilih menu. Tapi jika tidak ingin menggunakan fitur ini untuk memilih menu, saya biasanya memilih untuk men-swipe layar up atau down.

Harga Vivoactive bisa dibilang tidak murah, namun saat melihat jam ini dinyalakan, layar smartwatch 1.2 inci terasa tidak memantulkan warna yang begitu tajam. Meski begitu, layar tersebut bisa memberikan tampilan yang jelas saat di luar ruangan.

Beralih ke bagian belakang. Di sini, Anda akan menemukan sensor detak jantung dan port untuk mengisi daya perangkat. Ya, untuk mengisi daya perangkat ini, tidak menggunakan dock wireless charging, seperti beberapa jam tangan pintar pesaingnya.

Strap
Strap Garmin Vivoactive cukup aman di tangan. Tapi jangan menggunakannya terlalu kencang karena bisa kulit Anda memerah. Meski begitu, strap Garmin ini sebenarnya nyaman untuk digunakan karena materialnya lembut.


Fitur
Sebagai jam tangan pintar, Vivoactive 3 ini dilengkapi dengan fitur olahraga yang terbilang lengkap. Vivoactive 3 ini bisa membantu Anda untuk berolahraga dengan menghadirkan banyak menu olahraga di dalamnya, seperti bersepeda, treadmill, berjalan, dan masih banyak lagi. Fitur ini akan membantu Anda untuk memantau olahraga yang sedang Anda lakukan tersebut.

Daya Tahan
Sebagai smartwatch, Vivoactive 3 ini memiliki daya tahan yang cukup lumayan lama. Selama penggunaan (dengan pairing ke ponsel), jam tangan ini mampu bertahan selama empat sampai lima hari.  Jika difungsikan sebagai jam tangan biasa, dari pengalaman saya menggunakan Garmin Vivoactive 3, jam tangan ini mampu bertahan selama sekitar seminggu.

Kekurangan
- Harga mahal
- Layar tidak tajam

Kelebihan
- Banyak fitur untuk olahraga
- Daya tahan yang baik


Editor : Dini Listiyani

KOMENTAR