Gletser di Mars Bisa Topang Basis Manusia

Dini Listiyani · Sabtu, 13 Januari 2018 - 09:10 WIB

Planet Mars (Foto: Space Telescope Science Institute)

CALIF0RNIA, iNews.id - Para ilmuwan telah melihat gletser es terkubur tipis di Mars yang bisa mendukung basis manusia di Planet Merah. Gletser es rupanya bisa membantu mengungkap misteri sejarah iklim panjang tetangga Bumi itu.

Ahli geologi Geological Survey Amerika Serikat (AS) Colin Dundas melihat, band biru pucat yang mencuat dari lautan warna berkarat dalam foto beresolusi tinggi yang diambil Mars Reconnaissance Orbiter (MRO), beberapa hari lalu.

Ternyata, Dundas melihat tebing curam yang tingginya hampir 330 kaki dengan es tersingkap. Hal yang sama kemudian terlihat di tujuh situs lainnya di permukaan Mars.

"Es sejenis ini leih luas dari perkiraan sebelumnya," kata Dundas dalam jurnal Science, sebagaimana dikutip iNews.id dari Cnet, Sabtu (13/1/2018).

Es yang ditunjukkan Dundas dan koleganya menunjukkan, pembuluh kecil air beku atau endapan kecil molekul beku yang masuk dalam pori-pori tanah Mars. Sebagai gantinya, setiap tebing terlihat sebagai gletser, yang sebagian beasr hanya tersembunyi oleh lapisan tipis tanah dan batu di permukaan.

"Kedalaman dangkal ini membuat lapisan es berpotensi bisa diakses untuk eksplorasi masa depan dan tebing menyajikan bagian melintang es ini mencatat, episode deposisi es terakhir di Mars," tulis laporan itu.

Dengan kata lain, prospek sejumlah gletser es murni di bawah permukaan Mars merupakan masalah besar karena mereka bisa berfungsi baik sebagai sumur maupun stasiun pengisian bahan bakar untuk aktivitas manusia masa depan.

Air es bisa saja digunakan untuk mendukung kehidupan dan membuat bahan kendaraan di darat dan luar angkasa.


Editor : Dini Listiyani

KOMENTAR