Ikuti Jejak WhatsApp, Skype Uji Fitur Baru dengan Enkripsi End-to-End

Dini Listiyani · Jumat, 12 Januari 2018 - 12:11 WIB

Skype Uji Fitur Baru dengan Enkripsi End-to-End (Foto: Open Whisper Systems)

REDMOND, iNews.id - Microsoft menguji fitur baru untuk Skype yakni chat conversation terenkripsi end-to-end. Enkripsi itu menggunakan standar Signal Protocol oleh Open Whisper Systems.

Microsoft mengumumkan fitur eksperimental bernama “Private Conversations” di posting-an blog-nya belum lama. Fitur itu dikatakan akan tersedia untuk orang yang menjalankan beta Skype Insider build (versi 8.13.76.8) di Windows, Mac, Linux, Android, atau iOS.

Enkripsi sendiri akan melindungi chat, files, dan pesan audio, tapi tidak untuk audio atau video calls. Skype memang sudah menawarkan beberapa tingkat enkripsi yang melindungi saluran itu sendiri.

Akan tetapi, seperti dikutip iNews.id dari The Verge, Jumat (12/1/2018), enkripsi end-to-end yang ditawarkan kali ini lebih aman. Artinya, isi pesan hanya bisa dibaca oleh pengirim dan penerima.

Langkah yang diambil oleh Microsoft ini telah dilakukan lebih dulu oleh beberapa platform terkemuka dunia lainnya seperti Facebook Messenger, Apple iMessage, dan WhatsApp.

Namun, para kritikus akan menunjukkan, seperti penerapan Private Conversations milik Facebook, tingkat keamanan tambahan ini diikutsertakan, tidak disisih, yang artinya akan menjangkau pengguna yang jauh lebih sedikit.


Editor : Dini Listiyani

KOMENTAR