Ilmuwan Temukan 'Danau' di Dalam Laut, Airnya Mengandung Metana

Dini Listiyani · Senin, 12 Februari 2018 - 09:07 WIB

Ilmuwan Temukan 'Danau' di Dalam Laut (Foto: YouTube)

CALIFORNIA, iNews.id - Para ilmuwan telah menemukan 'danau' di Gulf of Mexico. Namun, tidak semua hewan laut bisa bertahan di danau dalam lautan tersebut.

Erik Cordes, profesor biologi di Temple University telah meneliti danau tersebut dan menggambarkan temuannya di jurnal Oceanography.

"Itu merupakan salah satu hal yang paling menakjubkan di laut dalam, Anda turun ke dasar laut dan melihat danau atau sungai mengalir. Rasanya, Anda tidak berada di dunia ini," kata Cordes yang dikutip iNews.id dari Science Alert, Senin (10/2/2018).

Air danau dalam laut kira-kira lima kali lebih asin dari air yang mengelilinginya. Selain itu, air juga mengandung konsetrasi metana dan hidrogen sulfida yang sangat beracun dan dengan demikian tidak bisa bercampur dengan laut sekitarnya.

Untuk hewan yang berenang ke dalamnya, konsentrasi racun bisa mematikan. Dalam keadaan itu, hanya bakteri, cacing tabung, dan udang yang bisa bertahan hidup.

Bagi ilmuwan, danau itu seperti taman bermain untuk penelitian mereka. Para ilmuwan bisa mengeksplorasi bagaimana organisme tertentu bisa bertahan di habitat yang ekstrem.

"Ada banyak orang yang melihat habitat ekstrem ini di Bumi sebagai model untuk sesuatu yang kita temukan saat pergi ke planet lain," ujar Cordes.


Editor : Dini Listiyani

KOMENTAR