Intel Tambal Semua Kelemahan Chip di Akhir Januari 2018

Dini Listiyani · Selasa, 09 Januari 2018 - 15:54 WIB

Intel di CES (Foto: Engadget)

LOS ANGELES, iNews.id - Dampak potensial dari celah keamanan yang muncul ke publik tidak bisa diabaikan. Terkait dengan masalah ini, perusahaan hardware dan software mempercepat perbaikan dua eksploit, yakni Spectre dan Meltdown.

Intel menjadi salah satu perusahaan yang terpengaruh dengan celah keamanan ini dan berkomitmen menambal 90 persen prosesor dan telah dibuat dalam lima tahun terakhir.

Di atas pangguna CES 2018, CEO Intel Brian Krzanich berjanji, 10 persen sisanya akan melihat perbaikan pada akhir bulan ini.

"Kami percaya, dampak kinerja dari pembaruan ini sangat tergantung pada beban kerja," kata Krzanich, yang mengacu pada klaim, prosesor bisa diperlambat hingga 30 persen sebagai hasil perbaikan.

"Kami berharap, beberapa mungkin memiliki dampak yang lebih besar dibandingkan yang lain. Jadi, kami akan terus bekerja sama dengan industri untuk meminimalkan dampak pada beban kerja tersebut dari waktu ke waktu," katanya lebih lanjut.

Krzanich menegaskan kembali pendirian Intel, tidak ada bukti yang bisa dieksploitasi untuk mencuri data pelanggan. Sayangnya, masih belum ada kabar mengenai timeline kapan prosesor yang terkena dampak akan ditambal.

Selain Intel, beberapa perusahaan juga ikut mengeluarkan patch untuk mencegah bug Spectre dan Meltdown kian menyebar. Sebut saja Google dan Apple.

Apple, produsen iPhone ini beberapa hari lalu mengakui semua perangkat iOS dan Mac kembangannya terkena dampak. Namun, ia menegaskan tidak ada eksploitasi yang memengaruhi pelanggan.

Perangkat Apple sendiri terpengaruh karena penggunaan komponen perusahaan dari manufkatur chip, seperti Intel dan ARM. Mengatasi hal itu, Apple mengatakan, pihaknya mengurangi beberapa konsekuensi potensial dari Meltdown dengan patch ke iOS (11.2), macOS (10.13.2), dan tvOS (11.2).

Selain itu, perusahaan Cupertino mengatakan, pihaknya berencana mengeluarkan tambalan untuk Safari di macOS dan iOS, yang bisa membantu perangkat bertahan dengan baik terhadap Spectre.


Editor : Dini Listiyani

KOMENTAR