Keanehan di Luar Angkasa, Astronot Bisa Bertambah Tinggi

Dini Listiyani · Kamis, 11 Januari 2018 - 10:08 WIB

Astronot Norishige Kanai (Foto: Norishige Kanai )

CALIFORNIA, iNews.id - Tubuh manusia akan mengalami reaksi aneh ketika di luar angkasa. Salah satu keanehan yang dialami tubuh manusia saat di luar angkasa ialah tulang belakang manusia akan memanjang, sehingga membuat Anda lebih tinggi.

Badan Antariksa Amerika Serikat (AS) NASA mencatat, astronot bisa tumbuh hingga 2 inci (5 cm) karena microgravity. Akan tetapi, astronot Jepang Norishige Kanai khawatir dirinya berkembang lebih cepat dibandingkan saat berada di International Space Station (ISS).

Cerita tentang pertumbuhan di luar angkasa Kanai dimainkan di Twitter selama beberapa hari terakhir ini. Sebagaimana dikutip iNews.id dari Cnet, Kamis (11/1/2018), tweet pertamanya mengatakan, ia tumbuh 3,5 inci (9 cm) dalam beberapa minggu pertama di luar angkasa.

Astronot JAXA bergurau, Kanai mungkin tidak bisa masuk ke kursi kapsul Soyuz untuk kembali ke rumah pada akhir misinya. Kanai followed tweet, Selasa lalu dengan penilaian segar tentang tinggi badannya.

Akan tetapi, penambahan tinggi ini tidak bertahan lama. Ketika Kanai enam bulan atau lebih di stasiun luar angkasa dan berakhir pada Juni dan kembali ke Bumi, dia juga akan kembali pada ketinggian normalnya.

Sementara itu, dikutip dari IBTimes, NASA benar-benar mempelajari perubahan ketinggian yang terjadi pada astronot selama tinggal di luar angkasa. Kebanyakan astronot akan tumbuh hanya sekitar dua inci atau jauh lebih sedikit dari tiga inci selama tinggal di luar angkasa.

Selain itu, NASA juga mempelajari fenomena ini di astronotnya di ISS. Badan antariksa ini pertama kali mengukur ekspansi tulang belakang pada astronotnya pada 2013 dengan menggunakan mesin Ultrasound 2 di atas stasiun.

Namun, NASA terus melakukan penelitian terhadap pertumbuhan tersebut. Baru tahun lalu, ia menggunakan ultrasound lagi untuk mengetahui tingkat keakuratan ultrasound yang diambil di pesawat.


Editor : Dini Listiyani

KOMENTAR