Kena Serangan Siber, Panitia Olimpiade Musim Dingin Ogah Ungkap Sumber

Dini Listiyani · Senin, 12 Februari 2018 - 13:02 WIB

Olimpiade Musim Dingin (Foto: Reuters)

PYEONGCHANG, iNews.id - Oliampiade Musim Dingin Pyeongchang menjadi korban serangan siber saat upacara pembukaan akhir pekan lalu. Serangan siber itu diungkapkan oleh penyelenggaran baru-baru ini.

Sebagaimana dikutip iNews.id dari Reuters, Senin (12/2/2018), sistem Olimpiade, termasuk layanan internet dan televisi terpengaruh oleh hack itu. Namun, panitia mengklaim, hack itu tidak membahayakan bagian penting dari operasi mereka.

"Mempertahankan operasi aman ialah tujuan kami. Kami tidak akan mengomentari masalah ini. Ini merupakan salah satu yang kita hadapi. Kami memastikan sistem kami aman," kata juru bicara International Olympic Committee (IOC) Mark Adams.

Saat disinggung soal dalang di balik serangan itu, Adams mengatakan, pihaknya mengaku tidak mengetahuinya.

Sementara itu, juru bicara  Pyeongchang organizing committee Sung-Baik mengatakan, masalah itu sudah pulih dan tidak ingin mengatakan sumber serangan itu.

"Kami tahu penyebab masalah tapi masalah semacam itu sering terjadi selama Olimpiade. Kami memutuskan dengan IOC kami tidak akan mengungkapkan sumbernya (dari serangan itu)," katanya.

Olimpiade Musim Dingin dipentaskan hanya sekitar 80 km dari perbatasan dengan Korea Utara (Korut), yang secara teknis masih berperang dengan Korea Selatan (Korsel) sejak perang 1950-1953 berakhir.

Kedua tim dari negara itu berbaris bersama pada upacara pembukaan Olimpiade untuk pertama kalinya sejak 2006. Korsel telah menggunakan Pyeongchang Games untuk memecah 'es' dengan Korut.


Editor : Dini Listiyani

KOMENTAR