MIT Kembangkan Chip yang Bikin AI Lebih Cepat di Smartphone

Dini Listiyani · Kamis, 15 Februari 2018 - 17:53 WIB

Ilustrasi Peneliti (Foto:financialexpress)

MASSACHUSETTS, iNews.id - Belum lama ini, Massachusetts Institute of Technology (MIT) mengungkap beberapa penelitinya berhasil menciptakan chip dengan daya super rendah. Kini, institut ini kembali dengan chip neural network (jaringan syaraf) yang mengurangi konsumsi daya hingga 95 persen.

Dengan kemampuan tersebut membuat mereka (chip) ideal untuk gadget bertenaga baterai, seperti ponsel dan tablet guna memanfaatkan sistem jaringan syaraf yang lebih kompleks.

Jaringan syaraf terdiri dari banyak prosesor informasi dasar dan saling terkait. Biasanya, jaringan ini belajar melakukan tugas dengan menganalisis kumpulan data yang besar dan menerapkannya pada tugas baru.

Sebagaimana dikutip iNews.id dari Engagdet, Kamis (15/2/2018), mereka digunakan untuk hal pada umumnya, seperti pengenalan ucapan, manipulasi foto, dan tugas baru. Masalahnya, jaringan syaraf itu besar dan perhitungan yang mereka jalankan sangat intensif.

Selain mengurangi daya, chip MIT yang baru meningkatkan kecepatan komputasi jaringan syaraf tiga hingga tujuh kali dari iterasi sebelumnya. Para peneliti mampu menyederhanakan algoritma machine-learning di jaringan syaraf ke satu titik yang disebut dot product.

Di samping itu, chip baru bisa menghitung dot product untuk beberapa node (16 node dalam prototipe) dalam satu langkah, alih-alih memindahkan hasil mentah setiap perhutangan antara prosesor dan memori.


Editor : Dini Listiyani

KOMENTAR