NSA Ketahuan Kirim Pesan Berkode via Twitter

Dini Listiyani · Senin, 12 Februari 2018 - 12:36 WIB

NSA (Foto: Reuters)

CALIFORNIA, iNews.id - Instansi mata-mata biasanya memiliki cara tersendiri untuk menyampaikan pesan rahasia. Kini, di era internet ini, agen mata-mata seperti NSA memanfaatkan jejaring sosial untuk menyampaikan pesan rahasia.

The New York Times dan The Intercept mengetahui, National Security Agency (NSA) menggunakan Twitter untuk mengirim pesan kode ke kontak Rusia, yang mengklaim memiliki data agen yang dicuri Shadow Brokers. NSA akan memberitahu Rusia tweet terlebih dulu, baik memberi sinyal niat untuk melakukan kontak atau melakukan obrolan lebih lanjut soal data agen yang dicuri.

Sebagaimana dikutip iNews.id dari Engadget, Senin (12/2/2018), Tweet itu dikirim sepanjang 2017. Beberapa di antaranya ialah promosi diri, termasuk advokasi untuk bagian FISA yang memberi otoritas atas pengawasan massal NSA tanpa pengawasan.

Sayangnya, tidak diketahui berapa banyak pesan ini dibuat hanya untuk berbicara dengan orang-orang Rusia versus post biasa.

NSA membayar sekitar USD100.000 ke Rusia dengan harapan bisa memulihkan data Shadow Brokers. Namun, mereka akhirnya memilih memutuskan kesepakatan itu.


Editor : Dini Listiyani

KOMENTAR