Pengamat: Sudah Lama Diretas, Situs Dewan Pers Harus Diforensik

Dini Listiyani · Jumat, 09 Februari 2018 - 19:11 WIB

Ilustrasi Hacker (Foto: Mirror)

JAKARTA, iNews.id - Di Hari Pers Nasional (HPN), situs Dewan Pers diserang hacker tak dikenal. Selain situs utama dewanpers.co.id, ada beberapa situs subdomain yang juga diretas.

Menurut pakar keamanan siber Pratama Persadha, tiga domain (dewanpers.co.id, pendataan.dewanpers.or.id, dan pengaduan.dewanpers.co.id) berada di dalam IP yang sama, sehingga ada kemungkinan peretas sudah bisa masuk tidak hanya ke server web, tapi juga ke server Operating System.

Jika dilihat dari timeline hacking, sudah beberapa kali dilakukan peretasan terhadap web dewanpers.co.id dan kemungkinan sudah meninggalkan backdoor.

“Harus dilakukan forensik segera terhadap situs Dewan Pers. Kemungkinan peretas sudah menyerang sejak lama dan meninggalkan backdoor. Peretas sudah mengincar untuk membuat web down saat Hari Pers Nasional,” jelas pria asal Cepu, Jawa Tengah ini dalam keterangan kepada iNews.id, Jumat (9/2/2018).

Pratama menambahkan, serangan berikutnya bisa diantisipasi bukan hanya dari traffic serangan, tapi juga dari anomali-anomali yang dilakukan di dalam sistem situs tersebut.

“Forensik sangat penting untuk mengetahui apa yang terjadi. Juga untuk mengetahui teknik, taktik, dan prosedur seperti apa yang digunakan peretas dalam menyerang situs Dewan Pers. Forensik juga penting untuk melihat di mana saja backdoor dipasang peretas,” jelasnya.

Keberadaan backdoor yang dipasang oleh peretas bertujuan untuk masuk ke sistem dan bisa mengambil alih lagi di lain waktu sehingga hal ini wajib diwaspadai.


Editor : Dini Listiyani

TAG : hacker

KOMENTAR