Roket SpaceX Bawa Benda Unik ke Luar Angkasa

Dini Listiyani · Selasa, 13 Februari 2018 - 09:07 WIB

Mobile Tesla Roadster (Foto: SpaceX)

NEW YORK, iNews.id - Selama beberapa hari belakangan ini, Elon Musk menarik perhatian karena peluncuran roket Falcon Heavy miliknya. Namun, tidak banyak yang tahu, Falcon Heavy membawa sesuatu di dalamnya.

Di dalam mobil Tesla Roadster, disembunyikan benda misterius dan kecil yang dirancang bertahan selama jutaan tahun. Bahkan, benda mungil itu dirancang untuk bertahan di lingkungan yang sangat ekstrem seperti luar angkasa, atau dipermukaan planet yang berada sangat jauh.

Benda kecil yang di bawa dalam Roadster itu dinamakan Arch. Benda itu merupakan perangkat penyimpanan yang dibangun untuk pengarsipan data jangka panjang, memegang perpustakaan informasi yang dikodekan pada disc kecil, yang ukurannya tidak jauh lebih besar dari koin.

Dari segi bentuk, Arch sendiri terlihat seperti DVD atau Blu-ray yang menyusut, namun potensinya untuk penyimpanan data berjalan jauh melampaui cakram optik yang Anda miliki di rumah.



Teknologi yang dikembangkan oleh fisikawan Peter Kazansky dari University of Southampton di Inggris, secara teoritis bisa menampung hingga 360 terabyte data.

Menurut Arch Mission Foundation,lembaga nirlaba yang berbasis di California, yang dikutip iNews.id dari Science Alert, Selasa (13/2/2018), Arch bisa melestarikan dan menyebarkan pengetahuan umat manusia melintas ruang dan waktu untuk kepentingan generasi masa depan.

Misi yang dilakukan bersama SpaceX itu disebut sesuai dengan tujuan para pengembang Arch, yang telah menamai peluncuran perdana ini sebagai 'Solar Library'. Arch berencana untuk melakukan peluncuran selanjutnya pada 2020 dan 2030.


Editor : Dini Listiyani

TAG : spacex

KOMENTAR