Samsung Gandeng Perusahaan Ini untuk Bantu Produksi Panel Micro-LED

Dini Listiyani · Senin, 12 Februari 2018 - 18:35 WIB

The Wall (Foto: The Investors)

SEOUL, iNews.id - Samsung Electronics baru-baru ini menandatangani perjanjian dengan produsen chip LED China Sanan Optoelectronics. Kerja sama itu bertujuan untuk membantu komersialisasi TV micro-LED.

Micro-LED merupakan jenis layar yang diprediksi akan sangat populer dalam beberapa tahun ke depan. Ketika teknologi saat ini menelan biaya produksi yang tidak murah, Samsung malah mengenalkan TV micro-LED yang disebut 'The Wall'.

The Wall ialah televisi berukuran 146 inci yang benar-benar terlihat seperti dinding. Raksasa elektronik Korea Selatan ini sendiri berniat untuk merilis TV secara komersial pada akhir tahun.

Sebagaimana dikutip iNews.id dari Android Authority, Senin (12/2/2018), jika Samsung ingin produk itu sukses di pasaran, rival Apple ini perlu mengurangi biaya produksi layar secara signifikan. Oleh karena itu, kesepakatan ini tampak seperti pengakuan, Samsung Display tidak bisa memproduksi chip LED sehemat biaya Sanan.

Menurut ETNews, Samsung akan membayar perusahaan China itu dengan uang muka sebesar USD16,83 juta untuk mengamankan chip LED dari perusahaan. Kesepakatan itu akan berlangsung selama tiga tahun.

Di samping micro-LED potensial sebagai layar TV generasi berikutnya, layar itu ternyata juga bisa cocok untuk smartphone dan perangkat yang lebih kecil. Hal itu karena, micro-LED menggunakan lebih sedikit daya untuk menghasilkan layar yang sama terangnya.

Terlepas dari kesepakatan ini, Samsung tentu saja tidak akan melepaskan usaha mereka sendiri untuk menghasilkan layar micro-LED komersial.


Editor : Dini Listiyani

KOMENTAR