Snapchat Tambah Fitur Baru, Pengguna Bisa Bikin Lensa AR Sendiri

Dini Listiyani · Sabtu, 10 Februari 2018 - 13:07 WIB

Aplikasi Snapchat (Foto: Reuters)

NEW YORK, iNews.id - Snapchat kini memungkinkan pengguna membuat lensa custom mereka sendiri di aplikasi iOS dan di desktop. Menyusul kedua platform itu, fitur Snapchat juga akan muncul di perangkat Android.

Sebagaimana dikutip iNews.id dari IBTimes, Sabtu (10/2/2018), fitur baru ini memungkinkan pengguna Snapchat memilih 150 template dan membiarkannya menambahkan teks biasa menggunakan font baru Snapchat.

Fitur Create Your Own Lens yang baru hanya tersedia untuk pengguna di Amerika Serikat (AS). Untuk memulai Snapchat Lenses di desktop, pengguna harus pergi ke snapchat.com/Create. Di perangkat iOS, pengguna harus membuka Setting aplikasi Snapchat dan mengetuk opsi 'Filter and Lens'.

Seperti yang dinyatakan sebelumnya, tool kreatif baru dilengkapi dengan 150 template, termasuk face mask dan objek augmented reality (AR). Pengguna akan bisa menambahkan teks pilihan mereka sendiri.

Setelah pengguna selesi membuat custom Lens, mereka bisa select lokasi tertentu di mana Lens akan tersedia di peta. Geofencing terbatas pada 20.000 kaki persegi dan hingga 5 juta kaki persegi.

Pengguna juga akan memilih berapa lama Snapchat Lenses akan tersedia. Satu hal penting yang perlu diperhatikan di sini ialah Snapchat Lenses tidak gratis.

Snapchat mengatakan kepada Tech Crunch, harga untuk Custom Lenses dirancang cukup terjangkau, sehingga bisa menghasilkan pendapatan darinya. Selain itu, harga ini juga dikatakan sebagai pencegah spam atau penggunaan tool kreatif baru yang tidak bertanggung jawab.

Snapchat mengatakan, fitur Create Your Own Lens yang baru juga tersida bagi kosumen reguler, bukan bisnis atau brand. Menurut Mac Rumor, Snapchat menolak pengiriman dari brand yang mencoba menggunakan tool kreatif baru ini untuk tujuan periklanan.

Fitur Snapchat baru ini tampaknya merupakan versi yang sangat terbatas dan sederhana dari Studio Lens Snapchat. Studio Lens Snapchat diluncurkan pertama kali pada Desember dan memungkinkan pengguna tingkat lanjut membuat pengalaman AR mereka sendiri untuk aplikasi Snapchat.


Editor : Dini Listiyani

KOMENTAR