Soal 5G di Asian Games 2018, Ini Persiapan Kominfo

Dini Listiyani · Selasa, 09 Januari 2018 - 11:17 WIB

Ilustrasi teknologi 5G (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNews.id - Teknologi jaringan kelima atau 5G, tampaknya menjadi fokus para pelaku industri di dunia telekomunikasi. Uji coba mulai diterapkan oleh berbagai negara dan perusahaan telekomunikasi dunia.

Di Indonesia sendiri, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) juga berencana melakukan uji coba teknologi 5G di pesta olahraga Asian Games 2018 yang berlangsung di Jakarta dan Palembang. Teknologi 5G yang dicoba bersifat fix wireless, bukan mobile.

"Kalau uji coba mobile bisa. Tapi 5G untuk fix, bisa kita uji coba di Asian Games. Memang ada rencana melakukan uji coba teknologi 5G," kata Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara saat ditemui usai peluncuran iNews.id di Gedung iNews Center, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin 8 Januari 2018.

Persiapan yang dilakukan oleh Kominfo sejauh ini, yakni berbicara dengan beberapa pihak terkait. "Sudah bicara dengan yang memiliki teknologi dari Korea," kata pria yang akrab disapa Chief RA tersebut.

Meski Kominfo memilih untuk melakukan uji coba teknologi 5G fix di Asian Games. Meski begitu, bukan berarti teknologi 5G tidak bisa diuji coba. Menurutnya, teknologi 5G yang sifatnya mobile, bisa saja diuji coba tapi tidak untuk komersial.

"5G itu ada dua, yang sifatnya fix dan mobile. Kalau yang sifatnya mobile, saya rasa Indonesia tidak akan lakukan. Tapi kalau untuk uji coba, silakan saja. Kalau untuk komersial, model bisnisnya belum ada," jelasnya.  

Menkominfo mengingatkan, di Tokyo yang menjadi tuan rumah Olimpiade, baru 2020 menerapkan 5G. "Karena model bisnisnya sudah ada. Tingkat daya belinya masyarakat di Jepang berbeda dengan Indonesia," ucapnya.


Editor : Dini Listiyani

KOMENTAR