Usai Instal iOS 11.2.2, Kinerja iPhone Pria Ini Malah Menurun

Dini Listiyani · Jumat, 12 Januari 2018 - 16:30 WIB

Apple (Foto: Reuters)

CUPERTINO, iNews.id - Apple telah menyebar iOS 11.2.2 untuk menambal sistem operasi dan melindungi perangkat dari Meltdown dan Spectre. Sayangnya, pembaruan itu justru membuat kinerja perangkat bertenaga iOS itu melambat.

Seorang pria bernama Melvin Mughal, menjalankan handset-nya melalui tes benchmark sebelum dan sesudah melakukan update ke iOS 11.2.2.2. Dengan tidak adanya aplikasi yang berjalan, hasilnya menunjukkan penurunan 41 persen dalam uji benchmark single core setelah instal iOS 11.2.2.

Sementara itu, penurunan dalam uji benchmark multi-core terjadi sebanyak 39 persen. Beberapa penurunan bisa terjadi karena perlambatan CPU yang diakui Apple baru-baru ini.

Hal ini dilakukan untuk mencegah unit iPhone dengan baterai lemah mematikan saat dihadapkan dengan tugas rumit yang membutuhkan power baterai penuh.

"Semua angka menunjukkan kesimpulan yang sama, yakni ini membawa kinerja yang serius di setiap level yang mungkin. Banyak tingkat benchmark menunjukkan, penurunan yang signifikan dalam kinerja di iPhone 6 hingga 50 persen pada beberapa benchmark," kata Melvin, dikutip dari Phone Arena, Jumat (12/1/2018).

Meski begitu, kata Melvin, pembaruan ini merupakan sesuatu yang perlu. Ini menunjukkan sebuah pesan yang telah diingatkan oleh komunitas keamanan berkali-kali, keamanan tidak bisa mengompromikan kinerja.

"Beberapa sudah cukup menunjukkan hasilnya bisa dipengaruhi oleh baterai yang muncul bulan lalu dan dikonfirmasi Apple. Itu mungkin argumen teknis yang benar. Beberapa pengguna dan reporter lainnya menyebutkan, benchmark yang berfluktuasi menunjukkan tidak ada kehilangan performa, namun yang lain kehilangan performa," jelas Melvin.


Editor : Dini Listiyani

KOMENTAR