YouTube Angkat Bicara soal Video 'Hutan Bunuh Diri' Logan Paul

Dini Listiyani · Rabu, 10 Januari 2018 - 13:12 WIB

Vlogger Logan Paul (Foto: Youtube)

MOUNTAIN VIEW, iNews.id -YouTube akhirnya merilis sebuah pernyataan ke Twitter pada Selasa 9 Januari 2018, sebagai tanggapan atas video 'hutan bunuh diri' dari vlogger Logan Paul.

Perusahaan berbagi video itu mendapatkan kritik pedas sejak unggahan Paul yang menunjukkan, seseorang pria yang tergantung di pohon di Gunung Fuji pada 31 Desember lalu.

"Banyak dari Anda frustasi dengan kurangnya komunikasi kita baru-baru ini. Anda benar. Anda pantas tahu apa yang terjadi. Seperti kebanyakan orang lainnya, kami kecewa dengan video yang dibagikan Minggu lalu," kata YouTube, dalam sebuah pernyataan yang dikutip iNews.id dari Daily Mail, Rabu (10/1/2018).

YouTube mengutuk perilaku Paul yang tidak bertanggung jawab dan ceroboh. Selain itu, platform yang ada di bawah naungan Google itu juga menjelaskan rencananya mengambil tindakan kepada Paul.

"Bunuh diri bukan lelucon, juga tidak seharusnya menjadi pendorong untuk view. Seperti Anna Akana katakan, 'Tubuh itu merupakan seseorang yang dikasihi. Anda tidak masuk ke hutan untuk bunuh diri dengan kamera dan mengklaim kesadaran kesehatan mental'," tulis posting tersebut.

"Kami mengharapkan lebih banyak lagi pembuat konten yang membangun komunitas mereka di YouTube, karena kami yakin Anda juga melakukannya. Channel tersebut melanggar pedoman komunitas kami. Kami bertindak sesuai dan melihat konsekuensi lebih lanjut. Butuh waktu lama untuk menanggapinya, tapi kami sudah mendengarkan semua yang Anda katakan," jelas YouTube.

YouTube menyadari, tindakan satu kreator bisa memengaruhi keseluruhan komunitas. Jadi, mereka akan memiliki lebih banyak kesempatan untuk segera membagikan langkah-langkah yang dilakukan untuk memastikan video seperti itu tidak beredar lagi.


Editor : Dini Listiyani

KOMENTAR