YouTube Tangguhkan Iklan di Channel Logan Paul

Dini Listiyani · Sabtu, 10 Februari 2018 - 09:08 WIB

YouTuber Logan Paul (Foto: YouTube)

MOUNTAIN VIEW, iNews.id - YouTube memberikan pengumuman yang cukup mengejutkan soal YouTuber Logan Paul. Baru-baru ini, layanan berbagi video milik Facebook itu menangguhkan sementara iklan channel Logan Paul, sehingga menghentikan aliran pendapatan yang diperkirakan bernilai lebih dari satu juta dolar per bulan.

"Setelah mempertimbangkan dengan seksama, kami telah memutuskan untuk menangguhkan sementara iklan di channel YouTube Logan Paul," kata YouTube sebagaimana dikutip iNews.id dari The Verge, Sabtu (10/2/2018).

Meskipun keputusan itu tidak mudah untuk YouTube, namun layanan berbagi video itu yakin Logan telah menunjukkan pola perilaku yang membuat channel-nya tidak hanya tak sesuai bagi pengiklan, tapi juga berpotensi merusak komunitas kreator yang lebih luas.

Menurut YouTube, perilaku ini mencakup sejumlah insiden yang berbeda. Terutama, saat YouTuber itu menimbulkan kontroversi dengan memfilmkan korban bunuh diri di hutan Aokigahara, Jepang awal tahun ini.

Menanggapi protes atas aksinya, Logan berhenti memproduksi vlog hariannya selama sebulan. Namun, ia kembali akhir bulan lalu dan mengklaim, dia telah berlajar dari kesalahannya.

YouTube mengatakan, pelanggarannya meliputi mencoba memonetisasi video yang melanggar pedoman pengiklan yang ramah perusahaan, mendorong pengikutnya untuk melakukan tantangan Tide Pod, dan dalam sebuah video baru-baru ini, ia mengambuil ikan di dalam kolam untuk memberi CPR dan membuat video soal tikus mati.

Penangguhan semua iklan di channel Logan akan menjadi hukuman terberat yang diberikan kepadanya sejauh ini. Setelah sebelumnya, Logan disingkirkan dari Google Preferred dan penawaran kontennya dengan layanan streaming YouTube Red.


Editor : Dini Listiyani

KOMENTAR