5 Cilok Paling Hits di Kalangan Anak Milenial, Pedasnya Bikin "Meler"

Vien Dimyati · Sabtu, 13 Januari 2018 - 16:46 WIB

Cilok pedas yang lagi hits (Foto: Pinterest)

JAKARTA, iNews.id - Bagi Anda pencinta cilok, penganan yang satu ini memang sangat lezat dimakan siang hari. Bentuknya yang bulat, kecil, enak dimakan sekali lahap. Dengan tingkat kepedasan super, dijamin membuat Anda menjadi "meler".

Biasanya, cilok ditemui sebagai jajanan anak SD. Namun, perkembangannya, cilok menjadi jajanan kekinian anak milenial. Banyak inovasi yang dikembangkan pengusaha kuliner, sehingga makanan ini "menjadi naik kelas".

Bentuknya yang bulat dengan tekstur kenyal, lalu disiram saus kacang yang menggoda selera. Sebut saja, cilok mercon yang lagi hits, bagi Anda penggemar pedas, disarankan untuk mencicipi cilok ini. Jika berani, pilih level pedas "mampus", dengan 100 buah cabai rawit.

Ingin tahu cilok lainnya yang memiliki rasa super pedas dan kekinian? Berikut ulasannya seperti dirangkum iNews.id, Sabtu (13/1/2018).

Cilok Cepot, Bandung

Cilok cepot yang berlokasi di Bandung ini, menjadi incaran pencinta kuliner. Bagi Anda yang menyukai makanan pedas, cilok cepot sangat cocok untuk dicoba. Cilok cepot memiliki dua jenis varian, yaitu digoreng dan dikukus. Anda bisa memilih cilok isi ayam atau sapi. Satu porsi cilok berisi 20 butir. Anda juga bisa memilih level pedas, yaitu cemen, merana, sadis, dan pedas. Untuk harga, sangat bervarisi, dibanderol mulai dari Rp15.000 - Rp35.000.

Cilok Gajahan, Yogyakarta

Cilok yang berada di alun-alun selatan ini sedang hits di kalangan anak-anak Yogyakarta. Untuk bahannya, tak jauh berbeda dengan cilok pada umumnya, menggunakan tepung tapioka dan rempah-rempah. Tapi, untuk isian, sang pemilik menggunakan daging sapi berkualitas, sehingga rasa yang dihasilkan benar-benar gurih. Bahkan, kecap yang digunakan memakai merek terkenal. Cilok gajahan memiliki tekstur empuk. Sambal yang digunakan juga memiliki ciri khas, karena menggunakan racikan dengan cabai rawit segar, bawang merah, dan bawang putih yang dihaluskan menjadi satu dengan rempah-rempah lainnya.

Mochilok, Bandung

Pilihan cilok lainnya adalah Kafe Mochilok, yang terlokasi di Jalan Sekeloa No.31, Bandung. Berbeda dengan cilok lainnya, kafe ini menyajikan cilok dengan toping mozzarella dan tidak dibumbui kacang. Ciloknya dibakar dan tidak di kukus. Cilok dibakar di atas pembakaran daging selama tiga menit, hingga berubah warna menjadi kecokelatan. Saat dibakar, cilok diolesi bumbu barbeque. Cilok enak di Bandung ini, dihidangkan bersama saus pedas, mayonaise, dan cracker.

Cilok Mercon

Jangan mengaku pencinta kuliner pedas sejati kalau belum menjajal cilok mercon khas Sunda ini. Untuk rasa, cilok mercon terkenal pedas. Namun, tenang saja, bagi Anda yang tidak menyukai pedas, bisa memilih level kepedasan, yaitu pedas biasa, sedang, gila, garuk hingga mampus. Untuk cilok mercon dengan level pedas mampus, cabai yang digunakan berjumlah 100 buah. Bagaimana, apakah Anda sanggup mencoba cilok mercon ini?

Cilok Oppa, Bali

Berlokasi di Denpasar, Bali, cilok yang satu ini terlihat unik. Sebab, penyajian cilok oppa, tidak seperti cilok lainnya. Cilok ini terlihat kekinian, karena pengemasannya menggunakan mangkuk kertas, seperti street food Korea. Cilok oppa juga memiliki tingkat kepedasan level 1-5 dengan toping keju mozzarela. Anda juga bisa memilih menu cilok goreng atau kukus.


Editor : Vien Dimyati

KOMENTAR