5 Masjid di Dunia dengan Arsitektur Megah, Salah Satunya di Rusia

Rahma Sari · Jumat, 12 Januari 2018 - 07:05 WIB

Arsitektur masjid termegah di dunia (Foto: Architecturaldigest)

JAKARTA, iNews.id - Bagi umat Islam, masjid menjadi bangunan suci untuk tempat salat. Namun, tidak sedikit bangunan megah masjid dijadikan tempat wisatawan muslim untuk berwisata religi.

Desain interiornya yang megah, membuat wisatawan muslim mengaguminya. Sebut saja Masjid-i Nasir al-Mulk di Iran. Masjid ini dikenal sebagai masjid pink yang menampilkan hiasan mewah.

Desainer Interior sekaligus penulis Buku Mosques: Splendors of Islam, Leyla Uluhanli mengekplorasi masjid-masjid di dunia yang bersejarah dan kontemporer dari Masjid Akhmad Kadyrov di Rusia sampai Masjid Syeikh Zayed bin Sultan Al Nahyan di Abu Dhabi.

Dibesarkan di tengah arsitektur Islam bersejarah di Baku, Azerbaijan membuatnya tertarik pada kemegahan arsitertur masjid.

Keindahan setiap masjid memiliki ornamen berbeda. Masjid Akhmad Kadyrov di Rusia misalnya, memiliki kubah yang dikelilingi oleh empat menara yang menjulang tinggi, dan dinding marmer bergaris merah di dalamnya terinspirasi oleh Masjid Agung Córdoba.

Ingin tahu masjid-masjid di dunia yang memiliki kemegahan spektakuler? Berikut ulasannya, seperti dirangkum iNews.id, melalui Architecturaldigest, Jumat (12/1/2018).

Masjid Qarawiyyin (Fes, Maroko)

Masjid Qarawiyyin pada awalnya adalah tempat ibadah kecil yang telah diperluas dan dihiasi selama lebih dari seribu tahun. Patung Singa, yang terlihat di masjid ditambahkan pada abad ke-14. Masjid ini dilengkapi dengan sebuah air mancur marmer, terletak pada 12 singa yang diukir.

Masjid-i Nasir al-Mulk (Shiraz, Iran)

Masjid-i Nasir al-Mulk di Iran dikenal sebagai Masjid Pink. Masjid ini menampilkan hiasan hangat dan mewah. Ini menjadi ciri umum  masjid-masjid abad ke-19. Perhiasaan kashi yang rumit dan penuh warna digunakan sebagai desain.

Heart of Chechnya (Masjid Akhmad Kadyrov) di Rusia

Masjid Akhmad Kadyrov memiliki kubah yang dikelilingi empat menara yang menjulang tinggi. Dinding marmer bergaris merah di dalamnya terinspirasi Masjid Agung Cordoba. Masjid berada di sebuah taman tepi sungai besar dan merupakan bagian dari kompleks ekspansif yang mencakup madrasah, perpustakaan, dan asrama siswa. Masjid Akhmad Kadyrov ini selesai dibangun pada 2008.

Masjid Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan (Abu Dhabi, U.A.E.)


Masjid Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan dinamai sesuai dengan nama mantan penguasa Abu Dhabi pada 2007. Masjid Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan, saat ini menempati urutan ke delapan sebagai masjid terbesar di dunia. Masjid ini dapat menampung 40.000 orang. Arsitek Suriah Yusef Abdelki, yang bekerja dengan Grup Halcrow dan perusahaan desain arsitektur atau interior Spatium dalam proyek tersebut terinspirasi oleh siklus bulan yang menjadi dasar kalender keagamaan Islam.

Masjid Tilla Kari dan Madrasa (Samarkand, Uzbekistan)

Masjid Tilla Kari merupakan salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO. Masjid ini dibangun antara 1646-1660. Interiornya memiliki ubin berlapis emas yang rumit. Masjid ini memiliki kubah berwarna turquoise berkilau, terletak di pusat Kota Samarkand.


Editor : Vien Dimyati

KOMENTAR