5 Masjid Termegah di Indonesia, Ada yang Berlapis Emas

Rahma Sari · Rabu, 10 Januari 2018 - 12:08 WIB

Kemegahan masjid di Indonesia (Foto: Pinterest)

JAKARTA, iNews.id - Indonesia dengan mayoritas penduduk beragama Islam memiliki banyak masjid yang megah dan Indah. Masjid-masjid sengaja dibuat megah dan indah untuk membuat nyaman orang-orang ketika beribadah. Tak sedikit pula, masyarakat menjadikan masjid ini sebagai tempat wisata religi yang banyak dikunjungi.

Masjid terindah di Indonesia, salah satunya Dian al Mahri yang biasa disebut masjid Emas ini memiliki satu kubah utama dan empat kubah kecil berlapis emas. Ingin tahu seperti apa keindahan masjid termegah lainnya? Berikut ulasannya, seperti dirangkum iNews.id, (10/1/2018).

Masjid Dian Al Mahri, Depok

Masjid Dian Al-Mahri yang berada di Depok, lebih sering disebut dengan masjid Kubah Emas. Masjid yang indah ini memiliki satu kubah utama dan empat kubah kecil berlapis emas. Untuk desain dalam masjid ada lampu Kristal yang beratnya mencapai delapan ton dan beberapa relief yang juga dilapisi emas. Karena keindahan, banyak pengunjung yang mendatangi masjid Dian Al Mahri dari berbagai daerah. Masjid ini dapat menampung 20.000 jemaah.

Masjid Istiqlal, Jakarta


Masjid Istiqlal merupakan masjid terbesar dan terindah di Asia Tenggara. Uniknya, arsitek Masjid Istiqlal adalah seorang kristiani bernama Frederich Silaban. Desain bangunan Masjid Istiqlal ini dibuat modern dengan lantai dan dinding berlapiskan marmer serta dihiasi ornamen geometric. Kubah utamanya berdiameter 45 meter dengan ditopang 12 tiang besar, dan menara tunggalnya memiliki tinggi sekitar 96,99 meter. Masjid ini digagas oleh Presiden Soekarno dan mulai dibangun pada tanggal 24 Agustus 1951. Masjid Istiqlal dapat menampung 200.000 jemaah.

Masjid Raya Baiturrahman , Aceh


Masjid Raya Baiturrahman dibangun pada masa Kesultanan Aceh pada 1612. Majid Raya Baiturrahman yang indah ini selain menjadi tempat beribadah, juga dijadikan tempat wisata di Aceh. Masjid ini menggunakan warna hitam untuk kubah dan warna putih pada dinding. Masjid Raya Baiturrahman yang indah ini juga memiliki sejarah yang selalu diingat masyarakat Aceh. Khususnya, karena masjid tetap berdiri kokoh saat tsunami terjadi pada 2004.

Masjid Agung, Tuban

Masjid agung Tuban dibangun pada 1894 dengan konsep bangunan 1001 malam. Desain Masjid Agung Tuban ini menggunakan ornamen-ornamen warna biru dan hijau lengkap dengan kubahnya yang besar. Masjid ini akan terlihat sangat indah saat malam hari karena warna-warni masjid akan terlihat sangat indah. Masjid ini berada di Kelurahan Kutarejo, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban.

Masjid Agung, Jawa Tengah

Masjid Agung di Jawa Tengah memadukan gaya bangunan Jawa dan Yunani. Gaya Yunani terlihat dari 25 pilar dengan warna ungu di plaza utamanya, sedangkan gaya bangunan Jawa tergambarkan dari desain tanjung di bawah pilar utama. Masjid Agung juga memiliki enam payung raksasa hidrolik yang sangat megah, dapat terbuka dan tertutup secara otomatis. Masjid yang dibangun pada 2002 ini terletak di jalan Gajah Raja, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Gayamsari.


Editor : Vien Dimyati

KOMENTAR