7 Jenis Sambal yang Populer di Indonesia, Pencinta Pedas Harus Coba

Rahma Sari · Minggu, 14 Januari 2018 - 20:32 WIB

Lezatnya sambal mangga. (Foto: Cookpad)

JAKARTA, iNews.id - Orang Indonesia sangat suka mengonsumsi makanan yang pedas. Makan tanpa sambal, rasanya seperti masakan yang kurang garam.

Ya, sambal memang wajib hadir dalam makanan apa pun. Pasalnya, sambal bisa meningkatkan selera makan.
Ada banyak jenis sambal khas Indonesia yang bisa membuat Anda ketagihan, seperti sambal petai, sambal bajak, sambal matah, sambal mangga, dan lainnya. Sambal mangga bisa menciptakan sensasi rasa pedas dan asam yang sangat lezat. Apalagi jika disandingkan dengan olahan seafood, seperti ikan bakar atau udang bakar.

Jika masih penasaran ingin tahu lebih detail jenis-jenis sambal khas Indonesia, berikut ulasan selengkapnya, sebagaimana  yang dirangkum iNews.id, Minggu (14/01/2018).

Sambal Bawang
Ciri khas dari sambal ini adalah rasa bawang yang dominan. Sambal bawang cocok dimakan dengan apa saja. Paling enak makan ayam goreng atau bebek goreng dengan sambal bawang. Rasa pedas sambal bawang dapat meningkatkan selera makan Anda.

Sambal Terasi
Sambal terasi sangat digemari pencinta makanan pedas. Aroma terasi yang khas membuat sambal terasa lezat. Jika suka sambal mentah, Anda bisa mencoba sambal terasi. Sambal terasi sangat cocok dimakan dengan lalapan, tempe dan tahu goreng.

Sambal Mangga
Sambal mangga menciptakan sensasi rasa pedas dan asam yang sangat lezat. Walaupun rasanya yang asam pedas, namun sambal mangga cocok dimakan dengan nasi. Apalagi jika ada olahan seafood seperti ikan atau udang bakar akan semakin lezat saat disantap.

Sambal Petai
Tidak semua pencinta sambal menyukai sambal petai. Sebab, sambal ini memiliki aroma yang khas. Namun jika Anda penggemar petai, dapat membuatnya. Rasa pedas dicampur dengan petai menjadi paduan yang lezat, apalagi dimakan bersama nasi yang masih panas.

Sambal Roa
Ini merupakan sambal khas Manado. Sambal roa dibuat dengan campuran suwiran daging ikan roa panggang yang dihaluskan, lalu dicampur tumisan bumbu khas. Ikan roa membuat cita rasa sambal begitu khas. Sambal roa ini sering dijadikan oleh-oleh ke luar negeri.

Sambal Matah
Sambal matah disajikan tanpa diulek atau ditumis. Sambal dibuat menggunakan serai, sehingga aromanya sangat khas. Sambal yang berasal dari Bali ini, memiliki warna segar sehingga membuat nafsu makan meningkat.

Sambal Bajak
Sambal bajak memiliki rasa pedas manis. Untuk Anda yang tidak terlalu suka pedas, sambal bajak sangat cocok. Sambal ini sangat nikmat dimakan bersama aneka gorengan.


Editor : Tuty Ocktaviany

KOMENTAR