Ajak si Kecil Bikin Camilan Sehat Brownis Milo Kukus, Ini Resepnya

Rahma Sari · Sabtu, 13 Januari 2018 - 14:49 WIB

Membuat resep camilan brownis kukus (Foto: Omiyago)

JAKARTA, iNews.id - Jika Anda berencana menghabiskan libur akhir pekan di rumah, membuat camilan sehat dan enak menjadi kegiatan paling seru dengan si kecil. Camilan bisa dimakan bersama, sambil santai dengan anak-anak. Anda bisa memasak dengan si kecil dan menghabiskan waktu berlibur bersama di dapur.

Camilan yang dapat dibuat adalah brownies milo kukus. Untuk membuat cita rasa brownies lebih enak, gunakan kopi tanpa ampas, seperti cappucino, vanilla latte, good day mocacinno, dan white cooffe. Cara memasakanya pun tidak terlalu sulit. Karena, Anda tidak memerlukan mixer. Ingin tahu, seperti apa resepnya? Berikut ulasannya seperti dirangkum iNews.id, Sabtu (13/1/2018).

Bahan-bahan

1 sachet kopi

200 ml air panas

200 ml minyak sayur atau minyak goreng

2 butir telur

200 gram gula pasir

1/8 sendok teh garam halus

200 gram tepung terigu

40 gram cokelat bubuk

1 sendok teh soda kue

1/2 sendok teh baking powder

2 sendok makan susu bubuk cokelat milo

Cara membuat

Pertama, siapkan loyang tulban atau ring diameter 20 cm atau loyang persegi empat. Lalu, olesi dengan margarin atau minyak goreng, sisihkan. Kemudian, panaskan kukusan supaya mendidih dan beruap banyak.

Selanjutnya, campur kopi dan air panas, aduk sampai larut. Tambahkan minyak goreng dan sisihkan.

Kemudian, ayak tepung terigu, cokelat bubuk, soda kue dan baking powder. Masukkan susu bubuk milo, sisihkan.

Lalu, di tempat berbeda kocok telur, gula, dan garam menggunakan whisker atau garpu sampai gula larut.

Berikutnya, masukkan campuran tepung terigu dan susu bubuk milo, berselang-seling dengan larutan kopi dan minyak. Awali dengan tepung dan akhiri dengan tepung juga, lalu aduk rata.

Terakhir, tuang adonan ke dalam loyang, lalu kukus kurang lebih selama 35-40 menit. Lakukan tes tusuk, jika tidak ada adonan yang menempel di tusukan pertanda brownies sudah matang. Angkat, dinginkan, potong-potong sesuai selera.


Editor : Vien Dimyati

KOMENTAR