Asian Games Palembang, Kunjungi Gunung Dempo hingga Masjid Cheng Ho

Rahma Sari · Jumat, 12 Januari 2018 - 05:22 WIB

Jembatan Ampera dan Sungai Musi. (Foto: YouTube)

JAKARTA, iNews.id – Selain menonton acara Asian Games, Anda bisa sekaligus mengunjungi tempat-tempat wisata menarik di Kota Palembang. Mana sajakah?
 
Kota Palembang memiliki banyak tempat wisata yang dapat Anda kunjungi, seperti museum, air terjun, masjid, gunung, dan paling terkenal adalah Jembatan Ampera. Anda dapat pula mengunjungi Masjid Cheng Hoo yang memiliki dihiasi ornamen khas nuansa China.

Untuk lebih detailnya, simak deretan objek wisata menarik di Palembang, sebagaimana dirangkum iNews.id, Jumat (12/1/2018).

Jembatan Ampera dan Sungai Musi

Tempat wisata paling terkenal di Palembang adalah Jembatan Ampera dan Sungai Musi. Anda wajib mengunjungi Jembatan Ampera yang menjadi ikon dan lambang Kota Palembang ini.

Jembatan yang dibangun pada 1962 ini, menghubungkan Seberang Ulu dan Seberang Ilir yang terpisahkan oleh Sungai Musi. Sungai Musi terpanjang di Sumatera dengan panjang mencapai 750 kilometer. Di tepi Sungai Musi, terdapat beberapa objek wisata, di antaranya restoran terapung, Kampung Arab, dan Benteng Kuto Besak.

(Foto: Kaskus)

Masjid Cheng Ho

Palembang memiliki masjid unik yang memiliki unsur China, Melayu, Nusantara, dan Arab yang bernama Masjid Cheng Ho. Nuansa China sangat kental dengan bangunan masjid ini yang didominasi warna merah dan dianggap sakral oleh masyarakat China. Selain warna, semua ornamen yang ada dalam masjid juga bernuansa China. Selain untuk beribadah, masjid ini menjadi tempat wisata karena keunikannya. Ada banyak pengunjung yang datang dari berbagai daerah, bahkan luar negeri seperti Malaysia, Taiwan, Singapura, dan lain-lain.

Masjid berukuran 225 meter x 25 meter, berdiri di atas tanah 5.000 meter persegi. Masjid dapat menampung sekitar 600 jamaah dan berlantai dua. Lantai pertama untuk jamah laki-laki, sedangkan lantai dua digunakan khusus untuk jamah wanita.

(Foto: Indonesia Kaya)

Gunung Dempo

Jika ingin menikmati pemandangan alam yang indah, Anda dapat mengunjungi Gunung Dempo di Kabupaten Lahat. Jika memiliki hobi mendaki gunung, Anda bisa ke Gunung Dempo. Namun jika tak ingin mendaki, Anda bisa melihat perkebunan teh di lereng Gunung Dempo. Dari pusat Kota Palembang menuju ke Dempo, membutuhkan waktu enam jam untuk sampai.

Selain itu, Anda bisa mengunjungi tempat wisata rumah pohon yang baru dibuat oleh masyarakat sekitar. Rumah pohon yang berada di ketinggian 1.200 MDPL ini, sangat unik karena dibuat dari rangkaian akar pohon kopi.

(Foto: Panduan Wisata)

Museum Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang

Bagi yang gemar berwisata sejarah, Anda dapat mengunjungi Museum Sultan Mahmud Badaruddin II di Jembatan Ampera dan Benteng Kuto Besak. Di sana Anda bisa mengenal sejarah dari kerajaan Palembang. Ada berbagai macam barang peninggalan dari kerajaan Palembang yang disimpan di museum ini. Museum ini memiliki desain yang unik, dengan kedua tangga yang melingkar dari kedua sisi.

(Foto: Panduan Wisata)

Air Terjun Lematang Indah

Mengunjungi Palembang, kurang lengkap jika Anda tidak melihat air terjun Lematang Indah di Pagar Alam. Air terjun dengan ketinggian 40 meter ini, menyuguhkan pemandangan yang indah dari sekitar air terjun. Sepanjang perjalanan menuju air terjun, Anda akan menikmati udara sejuk.

Usahakan datang saat cuaca cerah. Sebab jika hujan, tangga yang ada di air terjun Lematang Indah sangat licin.


Editor : Tuty Ocktaviany

KOMENTAR