Asyiknya Solo Travelling, Ikuti Tips Ini

Rahma Sari · Minggu, 11 Februari 2018 - 23:06 WIB

Solo travelling banyak dipilih orang yang ingin menikmati kebebasan. (Foto: Indianexpress)

JAKARTA, iNews.id - Siap mengambil risiko? Dengan sedikit persiapan, bepergian sendiri lebih mudah, bahkan menyenangkan daripada yang mungkin Anda pikirkan.

Pernahkah Anda berpikir, "Mungkin menyenangkan untuk pergi berlibur sendiri?” Jika iya, Anda tidak sendiri.

Kira-kira satu dari empat orang Amerika mengatakan, mereka akan melakukan perjalanan solo tahun ini. Menurut sebuah survei tahunan oleh perusahaan pemasaran MMGY Global, salah satu manfaat berlibur sendiri adalah kebebasan.

"Anda bisa melakukan apa yang Anda inginkan, kapan pun Anda mau," kata Janice Waugh, penulis The Solo Traveller's Handbook dan pendiri sumber online Solo Traveller, dilansir iNews.id dari Budgettravel, Minggu (11/2/2018).

Bepergian sendirian juga bisa membuat Anda lebih tangguh. "Ini adalah pembangun kepercayaan yang besar," kata Waugh.

"Saat berada di jalan sendiri, Anda mengelola segalanya. Anda menavigasi wilayah baru. Anda mengenal diri lebih baik." Jelas Waught.

Sebuah survei baru-baru ini oleh perusahaan wisata Intrepid Travel menemukan sebanyak 57 persen dari 2.000 pelancong Amerika mengatakan, mereka senang bepergian sendiri karena tidak ada tekanan untuk mengambil bagian dalam aktivitas tertentu. Sebanyak 45 persen mengatakan, solo travelling lebih santai, lalu 31 persen mengatakan, hal itu merupakan pengalaman belajar yang lebih baik. Kemudian, sebanyak 27 persen mengatakan, hal itu mempermudah bertemu orang baru, dan 20 persen mengatakan, mereka melakukannya karena sulit mengkoordinasikan waktu liburan yang sama dengan teman-teman.

Ingin merencanakan perjalanan pertamamu? Ikuti langkah-langkah ini untuk melakukan solo travelling perdana Anda yang dirangkum iNews.id dari Budgettravel.

1. Pilih Tujuan yang Bersahabat

Waugh merekomendasikan agar solo traveler  mengunjungi tempat yang relatif dekat dengan rumah. "Perjalanan di negara Anda sendiri," katanya. "Dengan cara itu, Anda tahu cara menavigasi area dan budaya, termasuk tahu bahasanya."

Bagi wisatawan AS, Waugh sangat merekomendasikan Nashville,
"Menarik, aman, dan mudah untuk berkeliling," katanya. Ada banyak tujuan di  AS yang mengagumkan dan terjangkau lainnya untuk direkomendasikan.

Ingin petualangan yang lebih menantang? Pertimbangkan untuk melakukan perjalanan ke Kanada atau Eropa Barat. Selain pilihan bahasa Inggris seperti Irlandia dan Inggris, Waugh berkata, "Saya akan menyarankan Paris atau Amsterdam, karena Anda akan menemukan orang yang menggunakan bahasa Inggris di kedua kota dengan mudah."

2. Mengetahui Cara Berteman dengan Warga Lokal dan Traveler Lainnya

Bepergian sendiri tidak berarti Anda harus kesepian. Memang, ada sejumlah cara supaya Anda bisa melibatkan diri dengan penduduk setempat. Waugh merekomendasikan mencari MeetUp (meetup.com) untuk grup lokal yang sesuai dengan minat Anda.

"Ketika saya pergi ke Hong Kong, kelompok MeetUp yang paling populer adalah kelompok hiking," katanya. "Saya bergabung dengan mereka untuk mendaki dan bertemu dengan banyak orang. Itu menunjukkan kepada saya bagian kota yang tidak akan pernah saya lihat." Demikian pula, aplikasi mobile seperti MealSharing (mealharing.com) dan EatWith (eatwith.com) akan membawa Anda makan dengan penduduk setempat di daerah ini.

Cara lain untuk bertemu orang melalui Global Greeter Network, sekelompok sukarelawan di kota-kota di seluruh dunia yang telah menawarkan untuk menunjukkan kepada pengunjung situs dan tempat favorit mereka. Anda dapat mencari penyambut tamu di tempat tujuan Anda di globalgreeternetwork.info/location.

Menghubungkan dengan wisatawan lain juga bisa menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan perjalanan Anda. Anda dapat bertemu orang-orang ini dengan menginap di hostel, mengikuti tur jalan kaki gratis, memesan tur keliling satu hari di kota, atau mencari teman perjalanan di situs seperti Trip Giraffe (tripgiraffe.com) atau aplikasi seperti Tourlina (tourlina .com) yang disesuaikan khusus untuk pelancong wanita lajang.

3. Ikuti Tips Keselamatan Ini

Keamanan menjadi perhatian utama bagi para solo traveler, baik pria dan wanita. Mengambil beberapa tindakan yang benar dapat membantu Anda tetap aman saat bepergian sendiri, seperti:

Mendahulukan Akomodasi
"Anda tidak ingin datang ke kota tanpa tahu ke mana Anda tinggal, terutama pada malam pertama Anda,” kata Waugh.

Tiba di Siang Hari
Waugh menyarankan untuk sampai ke tempat tujuan sebelum gelap. "Jika Anda sampai di sana dan menyadari bahwa itu bukan tempat yang diinginkan, Anda punya waktu untuk melakukan perubahan sebelum larut malam," katanya.

Pesan Kamar di Lantai Pertama
Anda akan memiliki akses lebih mudah ke unit lantai dasar, kata Waugh. Jadi, pesanlah kamar di lantai satu.

Bagikan Rencana Perjalanan Anda
Beritahu teman dan keluarga posisi Anda sekarang. Selain itu, pertimbangkan untuk memberitahu tujuan dengan salah satu kontak darurat Anda.

Kunjungi Tempat Umum
Bertemu orang baru, apakah mereka penduduk lokal atau wisatawan lain adalah salah satu aspek terbaik dalam perjalanan solo. Tapi, tetaplah mengunjungi ruang publik seperti museum, kedai kopi, restoran, atau bar saat bergaul dengan teman baru Anda.

"Jika Anda baru saja bertemu seseorang, jangan pergi ke rumah orang itu atau tempat pribadi lainnya," ungkap Waugh.

4. Bersenang-senanglah dalam Perjalanan

Perjalanan solo merupakan kesempatan sempurna untuk fokus pada Anda. Itu bukan keegoisan. Itu perawatan diri yang merupakan unsur penting untuk menjalani kehidupan yang lebih bahagia dan sehat. Anda bisa rileks sebanyak yang Anda mau, lakukan hal-hal yang tidak akan pernah bisa dilakukan jika memiliki anak-anak di belakangnya. Anda memiliki kebebasan total dan lengkap. Anda memiliki izin untuk berpetualang.


Editor : Tuty Ocktaviany

KOMENTAR