Asyiknya Wisata ke Bali, Nikmati Kelezatan Ayam Betutu dan Sate Lilit

Rahma Sari · Minggu, 14 Januari 2018 - 16:20 WIB

Sate lilit khas Bali. (Foto: Tastemade)

JAKARTA, iNews.id - Bali merupakan tujuan favorit wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berlibur. Selain memiliki banyak tempat wisata yang indah, Bali juga gudangnya kuliner enak.

Tahun lalu, Kementerian Pariwisata menetapkan Bali sebagai salah satu kota destinasi wisata kuliner. Ada banyak makanan khas Bali yang lezat, seperti ayam betutu, sate lilit, lawar kuwir, dan lainnya.

Sate lilit sesuai degan namanya, dibuat dengan cara dililit. Sate yang dililitkan di batang daun sereh atau tangkai bambu memiliki rasa gurih, lembut, dan pedas.

Biar tidak penasaran kuliner Bali lainnya yang memiliki cita rasa khas, berikut ini rangkuman dari iNews.id, Minggu (14/01/2018).

Ayam Betutu

Ayam betutu merupakan menu favorit wisatawan yang datang ke Bali. Ayam betutu dimasak dengan daun pisang dan dipanggang menggunakan bara api selama 24 jam. Proses yang sangat lama ini, dilakukan untuk menghasilkan rasa gurih, lembut, pedas yang meresap dalam ayam. Untuk Anda pencinta pedas, makan ayam betutu akan membuat Anda ketagihan.

(Foto: Tokopedia)

Sate Lilit

Sate lilit sesuai dengan namanya dibuat dengan cara dililit. Cara membuat sate lilit dengan cara daging yang telah dicincang halus, kemudian ditambahkan bumbu khas Bali, lalu dililitkan di batang daun sereh atau tangkai bambu. Daging yang digunakan seperti daging ayam atau ikan tenggiri yang menjadi favorit di Bali.

(Foto: Balikami)

Lawar Kuwir

Lawar yang biasa diolah menggunakan daging babi, memiliki pilihan daging lain, yaitu bebek entog atau disebut kuwir. Daging kuwir yang sudah dicincang akan dicampur dengan potongan-potongan sayur kacang panjang dan parutan kelapa, serta dilumuri bumbu khas Bali. Makanan ini sangat pas untuk santap siang Anda.

(Foto:Platemaps Bali)

Garang Asem

Makanan khas Bali yang harus Anda cicipi selanjutnya adalah garang asem. Garang asem mempunyai rasa yang mirip dengan sayur asam. Menikmati garang asem dengan nasi panas terasa sangat nikmat, apalagi ada tambahan tempe, tahu, dan sambal.

(Foto: Resep Masakan)

Be Pasih Mesambel Matah

Jika Anda penikmat seafood, cobalah menu be pasih mesambel matah. Ini adalah ikan laut dengan sambel mentah. Ikan laut terasa sangat nikmat karena dipanggang dengan arang dari batok kelapa. Rasa pedas dari sambal mentah akan menambah selera makan Anda.

(Foto: Wisata Bali)

Bagaimana, tertarik mencicipi kuliner Bali?


Editor : Tuty Ocktaviany

KOMENTAR