Cicipi Falafel, Gorengan Khas Timur Tengah yang Dimodifikasi Kentang

Rahma Sari · Selasa, 13 Februari 2018 - 18:54 WIB

Cicipi Falafel kuliner khas Timur Tengah (Foto: Taste)

JAKARTA, iNews.id - Tidak semua orang mengenal kuliner asal Timur Tengah, falafel. Makanan yang berbentuk camilan ini mirip dengan gorengan. Hanya saja, falafel terbuat dari jenis kacang-kacangan Arab.

Di Timur Tengah, falafel adalah makanan jalanan atau makanan cepat saji umum yang dengan mudah dapat ditemukan. Tak harus jauh-jauh ke Timur Tengah untuk mencicipi falafel. Anda bisa berkreasi membuat sendiri di rumah. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga tidak sulit ditemukan. Jika tidak mendapatkan kacang-kacangan, Anda bisa menggantinya dengan bahan utama kentang.

Falafel yang disajikan bersama dengan saus yoghurt dapat menjadi sajian camilan yang menyenangkan untuk keluarga. Ingin tahu resep dan cara pembuatannya? Berikut resepnya dilansir iNews.id dari Taste, Selasa (13/2/2018).

Bahan-bahan

750 gram kentang, potong besar-besar
2 sdt jintan
2 sdt ketumbar
1/2 sdt bumbu campuran
1 siung bawang putih, cincang
1/3 cangkir ketumbar cincang segar
1/4 cup tepung terigu
1 sdm biji wijen
Minyak sayur, untuk menggoreng
1 cangkir yoghurt
1 sdm jus lemon
1 sdt paprika manis
2 sdm mint segar cincang
1 sdm minyak zaitun

Cara membuat

Pertama, letakan kentang ke mangkuk yang aman dari microwave. Lalu masukan ke dalam microwave selama delapan sampai 10 menit atau sampai lembut. Kemudian, dinginkan selama 20 menit. Lalu kupas.
Setelah itu letakan kentang ke dalam mangkuk besar. Lalu buat kentang menjadi lembut.

Tambahkan jinten, bumbu campuran, bawang putih, ketumbar dan tepung . Bumbui dengan garam dan merica. Aduk sampai rata dan dinginkan 15 menit. Setelah itu, buat kentang menjadi bola-bola ukuran tiga cm. Taburi dengan biji wijen.

Kemudian, tuangkan minyak sayur ke wajan besar. Panaskan dengan api sedang-tinggi. Goreng falafel  dalam beberapa bagian, jangan sekaligus semua selama lima menit. Balik kentang sampai berwarna keemasan lalu tiriskan.

Sementara itu, campurkan yoghurt, jus lemon, paprika dan mint di mangkuk kecil. Bumbui dengan garam dan merica. Tambahkan minyak zaitun. Terakhir, sajikan falafel dengan tambahan ketumbar bersama dengan saus yoghurt.


Editor : Vien Dimyati

KOMENTAR