Cicipi Sajian Lezat Khas Imlek, Salad Ikan Yee Sang

Rahma Sari · Rabu, 14 Februari 2018 - 14:59 WIB

Salad yee sang (Foto: Pamper)

JAKARTA, iNews.id - Tidak lama lagi, umat Tionghoa akan merayakan Tahun Baru Imlek yang jatuh pada 16 Februari 2018. Akan ada banyak makanan khas Imlek yang disajikan.

Mulai dari, kue keranjang, mi, hingga yee sang. Bagi etnis Tionghoa, salah satu makanan yang harus ada dalam perayaan Imlek adalah yee sang.

Yee Sang adalah salad ikan mentah. Bahan-bahan untuk membuat Yee Sang ini menggunakan bahan dasar ikan, seperti salmon, tuna atau lobster. Lalu ditambahkan sayuran seperti wortel, lobak, mentimun, hingga kacang-kacangan.

Menurut tradisi, Yee Sang harus diaduk bersama dengan sumpit. Siapa yang mengangkat paling tinggi, maka keberuntungan akan menyertainya sepanjang tahun. Ketika Imlek tiba, Anda ingin membuat yee sang? Tenang saja, yee sang bisa dengan mudah dibuat di rumah. Ingin tahu resep membuat Yee Sang? Berikut dilansir iNews.id dari Allrecipes, Rabu (14/2/2018).

Bahan-bahan

250 gram ikan  salmon fillet  
1 jeruk bali sedang, potong kecil-kecil
2 wortel, serut halus
1 lobak putih, serut halus
1 bengkuang, serut halus
2 mentimun, serut halus
80 gram acar jahe merah, potong kecil
1 mangga, potong kecil-kecil
75 gram kacang panggang, cincang kasar
100 gram kulit pangsit goreng
3 daun bawang, cincang
50 gram biji wijen panggang

Saus

2 jeruk nipis
15 ml saus plum
5 ml minyak wijen
Bubuk rempah-rempah secukupnya
Garam secukupnya

Cara membuat

Pertama, pastikan Anda membeli ikan segar untuk hidangan. Lalu iris fillet ikan menjadi potongan tipis. Bumbui dengan sedikit garam dan air jeruk nipis. Atur semua bahan menjadi beberapa bagian pada piring saji besar. Taburi biji wijen panggang dan cincang kacang di atas piring. Kemudian buat saus dengan mengaduk semua bahan bersama.

Terakhir untuk sajian, tuangkan saus di atas salad. Lalu mintalah anggota keluarga Anda secara bersamaan mengangkat salad dengan sumpit setinggi-tingginya sambil mengucapkan selamat Tahun Baru.


Editor : Vien Dimyati

KOMENTAR