Danau Quarry, Objek Wisata Hits di Bogor Bekas Penambangan Pasir

Vien Dimyati · Sabtu, 13 Januari 2018 - 20:37 WIB

Wisata Danau Quarry (Foto: Instagram TyoSoetyo)

JAKARTA, iNews.id - Bagi Anda yang bosan menghabiskan akhir pekan di Jakarta, namun tak ingin bepergian terlalu jauh. Kota Bogor bisa jadi alternatif wisata yang tepat.

Di sini, Anda tak hanya berpetualang mencicipi kuliner lezat khas Bogor, tapi juga bisa menjajal objek wisata baru yang lagi hits.  Salah satunya adalah objek wisata kekinian, Danau Quarry Jayamix.

Danau Quarry, berlokasi di Kampung Nuggaherang, Desa Tegallega Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor. Danau ini menawarkan keindahan yang memesona dengan air tawar yang berwarna hijau, terbentuk akibat penambangan liar.

Dahulu, danau ini bekas lahan pertambangan batu dan juga pasir yang dikelola PT Jayamix untuk pembuatan beton. Tapi, karena proses pertambangan tersebut mengganggu masyarakat sekitar, maka dihentikan dan dibiarkan hingga saat ini.

Danau tersebut membentuk sebuah legokan luas. Karena dibiarkan lama, kemudian terisi air hujan. Uniknya, air yang ada di danau tersebut berwarna hijau.

Karena bentuknya yang indah, danau tersebut kini dijadikan tempat wisata traveler milenial. Tak sedikit dari mereka melakukan swafoto dengan latar belakang Danau Quarry.

Warna air yang kehijauan, ditambah dengan tebing bebatuan yang tidak tertata, menjadi daya tarik wisatawan untuk berfoto di Danau tersebut. Namun sayangnya, wisatawan tidak diperbolehkan berenang di danau ini, demi keselamatan.

Objek wisata Danau Quarry terlihat masih asri, karena masih dikelilingi pepohonan hijau. Tak heran, jika banyak wisatawan mengincar tempat ini sebagai destinasi berlibur.

Banyak traveler yang mengabadikan momen untuk berfoto di danau ini. Salah satunya, Tyo Soetyo. Anak muda ini, berfoto sambil memandangi Danau Quarry.

Melalui postingan di Instagram, Tyo menulis caption, "Siapa sangka danau indah ini adalah bekas lokasi penambangan material bahan pembuatan semen. Makanya disebut sebagai Danau Quarry Jayamix. Lebih terkenal berada di Rumpin walau lokasinya masuk wilayah Cigudeg. Ini adalah salah satu spot destinasi wajib kalau main di Bogor," tulisnya, seperti dikutip iNews.id, Sabtu (13/1/2018).

Untuk menuju Danau Quarry, memang agak menantang. Sebab, wisatawan yang ingin mencapai danau ini, akan melewati jalan utama. Jalan ini selalu dilewati truk-truk besar pengangkut material pasir.

Jalan yang dilalui belum terlalu bagus, karena banyak yang belum diaspal. Jika, musim hujan, jalanan ini akan becek. Danau Quarry bisa diakses melalui pertigaan Semplak atau Pasar Parung menuju arah Rumpin. Danau ini searah dengan situs Gunung Munara. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk berwisata ke Danau Quarry?


Editor : Vien Dimyati

KOMENTAR