Harga Beras Mahal, Coba 4 Pilihan Makanan Pengganti Nasi

Rahma Sari · Minggu, 14 Januari 2018 - 15:07 WIB

Jagung bisa menjadi alternatif pengganti nasi. (Foto: Simplyrecipes)

JAKARTA, iNews.id – Harga beras saat ini mulai mahal. Meski begitu, Anda bisa menyiasati dengan bahan makanan lainnya yang bisa dikonsumsi. Apa sajakah?

Mayoritas masyarakat di Indonesia, memang mengonsumsi nasi sebagai bahan pokok. Namun, ada bahan lain yang dapat dijadikan makanan pokok selain nasi, seperti singkong, jagung, ubi jalar, dan lainnya.

Singkong merupakan makanan yang memiliki serat dan karbohidrat yang tinggi. Karbohidrat pada singkong termasuk yang kompleks, sehingga lebih lambat dicerna tubuh dan membuat kita kenyang lebih lama.

Selain singkong, berikut ini bahan makanan yang dapat menjadi pengganti nasi, sebagaimana dirangkum iNews.id, Minggu (14/01/2018).

Singkong

Singkong merupakan makanan yang memiliki serat dan karbohidrat tinggi. Karbohidrat pada singkong, termasuk yang kompleks sehingga lebih lambat dicerna tubuh dan membuat kita kenyang lebih lama. Berbeda dengan nasi yang memiliki jenis karbohidrat sederhana. Singkong memiliki rasa tawar, sehingga mudah diolah menjadi berbagai jenis makanan. Masyarakat di Desa Cireundeu, Cimahi, Jawa Barat, menjadikan singkong sebagai makanan pokok. Mereka mengolah singkong menjadi tepung beras atau beras singkong.

Jagung

Jagung dapat tumbuh di hampir semua wilayah Indonesia, bahkan daerah yang kering. Jagung memiliki kalori yang cukup tinggi, kaya vitamin dan mineral, serta mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh. Jagung dapat dijadikan sebagai pilihan makanan pokok. Jagung dikonsumsi sebagai sumber makanan pokok di beberapa wilayah di Indonesia, seperti Madura, Sulawesi, Jawa Tengah, dan Madura.

Ubi Jalar

Ubi jalar memiliki indeks glikemik yang lebih rendah daripada nasi. Ubi juga memiliki kandungan vitamin A dan C yang cukup untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh, serta memiliki kandungan antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Ubi jalar bisa menjadi makanan pokok. Penduduk Suku Dani, Lembah Baliem, Jawawijaya, mengonsumsi ubi jalar sebagai makanan pokok. Mereka menyebut ubi jalar dengan hipere.

Sagu

Sagu memiliki karbohidrat yang cukup tinggi, sehingga dapat menjadi makanan pokok. Makanan olahan dari sagu yang terkenal adalah papeda. Papeda menjadi makanan pokok masyarakat Maluku dan Papua. Sama seperti nasi, papeda dikonsumsi dengan lauk dan sayur.

Gembili

Gembili mengandung inulin yang  dapat membantu meningkatkan kinerja usus hingga bisa membuang sisa makanan dengan lebih mudah. Selain itu, kandungan inulin dalam gembili mampu meningkatkan daya serap tubuh atas kalsium, serta memproduksi vitamin B yang cukup baik. Nutrisi lain yang ada dalam gembili, yakni lemak, protein, kalori, vitamin B, fosfor, kalsium, karbohidrat, zat besi, serta vitamin c. Gembili menjadi makanan pokok turun-temurun Suku Kanum di Merauke.


Editor : Tuty Ocktaviany

KOMENTAR