Ini Faktanya, French Fries dan Burger Bukan dari Amerika

Vien Dimyati · Rabu, 10 Januari 2018 - 16:32 WIB

Hamburger dan french fries bukan dari Amerika (Foto: Insider)

JAKARTA, iNews.id - Siapa yang tidak doyan dengan makanan cepat saji seperti french fries dan burger. Makanan ringan ini paling digemari semua orang. Kebanyakan orang mengira, french fries dan burger adalah makanan cepat saji yang berasal dari Amerika. Ternyata, tak satu pun dari makanan itu berasal dari Amerika.

Burger, kentang goreng, barbekyu, hamburger, dan ayam goreng, sama sekali bukan dari Amerika. Burger berasal dari Jerman, barbekyu berasal dari Karibia, dan ayam goreng hingga saat ini memang masih diperdebatkan.

Sederet makanan cepat saji ini ternyata bukan berasal dari Amerika. Jika Anda mengetahuinya, pasti akan terkejut. Berikut ulasannya, seperti yang dirangkum iNews.id, melalui Insider, Rabu (10/1/2018).

Hamburger dari Hamburg, Jerman

Hamburger dikenal sebagai makanan cepat saji Amerika hari ini. Namun, sejarahnya menurut History Channel, makanan ini berasal dari Jerman. Makanan ini tercipta karena tingginya pertumbuhan ternak di Hamburg, pada abad ke-12. Di sana, roti daging dikenal sebagai frikadellen atau buletten.

Selama abad ke-19, kerusuhan politik menyebabkan banyak orang Jerman berimigrasi ke Amerika. Akhirnya mereka membuka beergardens yang menyajikan steak cincang bergaya Hamburg. Hamburg sendiri dikenal sebagai pengekspor daging berkualitas tinggi.

Hamburger semakin populer setelah ada pameran St. Louis World 1904. Makanan ini diperkenalkan sebagai makanan baru, bersama dengan ice cream cones dan cotton candy.

French Fries dari Belgia dan Prancis


Sejarah french fries atau kentang goreng hingga saat ini masih diperdebatkan. Tapi yang pasti, makanan ini bukan berasal dari Amerika. Menurut National Geographic, nelayan Belgia pada pergantian abad ke-20, menggoreng kentang ketika cuaca terlalu dingin. Tentara Amerika menemukan makanan ini selama Perang Dunia I dan menjuluki penemuan ini sebagai "french fries". Penamaan tersebut dikarenakan, orang-orang Belgia berbicara bahasa Prancis di wilayah tersebut.

Sejarah lainnya mengklaim, pedagang kaki lima Prancis menjual kentang goreng pada 1780-an, ini disebut "pommes frites". Dalam kasus ini, Presiden Amerika Serikat ketiga, Thomas Jefferson memperkenalkan kentang goreng Prancis ke Amerika dengan menyajikan "pommes de terre frites à cru en petites tranches" (kentang goreng dalam potongan kecil) kepada para tamu selama masa kepresidenannya.

Saus tomat dari China

Ketchup atau saus tomat identik dengan pengusaha Pennsylvanian H.J. Heinz. Namun, gagasan tentang saus fermentasi ini sebenarnya berasal dari kata Hokkien China "ke-tsiap,". Artinya, saus ini merupakan saus ikan fermentasi, menurut National Geographic.

Pasta kecap ditiru oleh Inggris pada abad ke-18, namun sering digunakan sebagai resep jamur, kenari, tiram, atau ikan teri. Resep ketchup pertama yang menampilkan tomat diterbitkan oleh ahli hortikultura Amerika James Mease, namun masih kurang rasa cuka dan gula. Baru pada 1876, ketika H.J. Heinz datang dengan cara baru, sehingga saus tomat yang diciptakan lebih tahan lama. Saus tomat ini diberi nama "saus tomat Heinz".

Apple pie berasal dari Inggris

"As American as apple pie", mungkin seperti itulah pepatah yang terkenal hingga kini. Namun menurut American Pie Council, resep untuk pai ditemukan orang-orang Yunani Kuno.

Inggris abad pertengahan mempopulerkan hidangan tersebut, kemudian dikenal sebagai "pyes" dengan kerak disebut "coffyns," dan biasanya diisi dengan daging. Pai apple modern dibuat dengan lattice-style crust, diciptakan oleh tukang roti Belanda selama abad ke-15. Sementara, pai buah pertama di Inggris ditemukan pada abad ke-16, era Elizabeth, meskipun itu dibuat tanpa gula, menurut The Culture Trip.

Makaroni dan keju berasal dari Italia

Presiden Amerika Serikat ketiga, Thomas Jefferson kerap mengatakan, dia menemukan makaroni dan keju setelah membawa mesin makaroni dari perjalanan ke Eropa. Namun, dia bukanlah orang pertama yang mengemukakan gagasan tersebut, menurut Thomas Jefferson Foundation.

Macaroni berasal dari kata Italia "maccheroni,". Pada saat itu, makaroni adalah istilah umum untuk pasta. Resep asli untuk makaroni panggang dengan saus keju bisa ditemukan di buku masak abad ke-14, "Liber de Coquina,". Buku ini ditulis seorang penulis Italia, dan dicetak dalam bahasa Latin.


Editor : Vien Dimyati

KOMENTAR