Kuliner Lezat untuk Makan Malam, Coba Bikin Ayam Madu

Rahma Sari · Minggu, 11 Februari 2018 - 17:05 WIB

Nikmati makan malam dengan ayam madu. (Foto: Food52)

JAKARTA, iNews.id – Malam malam memang masih beberapa jam lagi, Anda bisa menyiapkan makanan yang berbeda dari biasanya. Kali ini, coba praktikkan membuat ayam madu.

Jika biasanya ayam hanya ditambahkan dengan sambal, kali ini Anda dapat mencoba menu baru untuk makan malam. Ayam dengan madu dapat menjadi paduan yang lezat untuk pilihan makan malam Anda bersama keluarga.

Gurihnya ayam dan madu akan menjadi paduan rasa khas yang lezat. Apalagi jika ada tambahan brokoli dan kentang. Anda dapat mengonsumsinya tanpa nasi. Ingin tahu resepnya?

Berikut ini ulasan iNews.id dari Food52, Minggu (11/2/2018)

Resep Ayam Madu

Bahan-Bahan:
1/4 cangkir yogurt
1 telur besar
1 sdt mustard
Garam, secukupnya
2 dada ayam tanpa kulit
2 kentang
Minyak sayur, secukupnya
8 ons brokoli
Lada hitam, secukupnya
2 cangkir panko tepung roti
1/4 cangkir madu
1 sdt  saus cabai
2 sdm jus lemon

Cara Membuat:

1. Pertama, kocok yoghurt, telur, mustard, dan 1/2 sendok teh garam dalam mangkuk, lalu aduk sampai tercampur rata. Iris dada ayam satu inci dan masukkan dalam mangkuk. Biarkan sesat dan buatlah sayuran.

2. Kupas kentang, lalu  potong  dengan ketebalan 1 inci. Kemudian panaskan oven sampai 450 derajat F. Oleskan 1 sdm minyak ke panci besar. Letakkan irisan kentang dan brokoli, bumbui dengan garam dan merica. Panggang kentang dan brokoli selama 15 menit.

3. Sementara itu, letakkan remah roti dalam mangkuk. Masukan dua sampai tiga potong ayam dalam mangkuk. Tekan untuk melapisi remah roti di semua sisi dan letakkan ke piring, lalu ulangi dengan potongan ayam yang tersisa.

4. Saat brokoli berwarna kecokelatan dan renyah, serta kentang manis berwarna emas, angkat dari oven. Pindahkan brokoli ke piring saji dan tutup agar tetap hangat.

5. Lalu masak ayam. Olesi satu sendok makan minyak ke panci sebelum meletakkan ayam yang sudah dilapisi tepung roti di atasnya. Panggang ayam sampai matang kecokelatan di bawahnya, kira-kira delapan sampai 10 menit.

6. Untuk membuat madu panas, hangatkan madu dalam mangkuk kecil. Masukkan saus cabai dan jus lemon dengan sedikit garam.

7. Jika sudah berwarna kecokelatan, balik posisi ayam. Kemudian, teruskan panggang sampai matang, lima sampai tujuh menit lagi. Setelah matang, letakan ayam dan kentang ke piring dengan brokoli dan sajikan madu panas di samping.


Editor : Tuty Ocktaviany

KOMENTAR