Lezatnya Pindang Patin Khas Palembang yang Bikin Ketagihan

Rahma Sari · Rabu, 10 Januari 2018 - 21:10 WIB

Pindang Patin khas Palembang. (Foto: Trackpacking)

JAKARTA, iNews.id - Saat jalan-jalan ke Palembang, biasanya kuliner yang paling banyak dicari adalah pempek. Selain pempek, ada kuliner lain yang sama enaknya dapat dicoba, seperti es kacang merah, kue gandus, dan pindang patin.

Anda dapat mencoba es kacang merah yang dibuat dengan campuran gula merah, susu, kayu manis, dan es serut. Es kacang merah sangat nikmat diminum siang hari dan udara panas. Selain itu, ada pindang patin yang cocok untuk Anda yang suka pedas.

Untuk lebih detailnya, berikut makanan yang dapat Anda coba saat berkunjung ke Palembang yang dirangkum iNews.id, Kamis (10/01/2018).

Es Kacang Merah

Nikmati es kacang merah setelah makan pempek akan sangat nikmat. Anda harus mencoba es kacang merah saat berkunjung ke Palembang. Anda pasti ketagihan saat mencicipinya.

Es kacang merah ini dibuat dengan campuran gula merah, susu, kayu manis, dan es serut. Es kacang merah cocok diminum siang hari dan udara sangat panas.

Kue Gandus

Kue gandus bertekstur sangat lembut dan legit. Kue ini dibuat dari tepung beras dan tepung kanji. Lalu, kue juga  ditambahkan ebi atau abon, daun seledri, bawang goreng, dan potongan cabai merah. Rasa kue ini gurih, asin, pedas, dan  bentuknya kecil-kecil. Tidak sulit untuk menemukan kue gandus, Ada banyak penjual kue gandus di pasar tradisional Palembang.

Pindang Patin

Makanan Palembnag lainnya yang terkenal selain pempek adalah pindang patin. Untuk Anda yang suka pedas, makanan ini sangat cocok. Dengan bahan dasar ikan patin, Anda akan disuguhkan pindang patin pedas dengan pilihan menu khusus bagian kepala, badan atau ekor.

Burgo

Makanan khas Palembang lainnya yang harus Anda coba adalah burgo. Burgo dibuat menggunakan sagu dan tepung beras, bisa dinikmati bersama dengan kuah santan pedas. Untuk membuat rasanya lebih lezat, tambahkan topping seperti suwiran ayam dan telur rebus. Burgo paling pas dimakan saat masih panas. Dengan kuah berwarna kuning dan aroma rempah-rempahnya yang khas, dijamin membuat Anda ketagihan.

Kemplang

Ada enam jenis kemplang yang dijual di Palembang, yaitu kemplang kerupuk, kempang getas, kemplang panggang, kemplang keriting, kemplang koin, dan kemplang mangkuk. Bahan dasar kemplang adalah ikan tenggiri atau ikan gabus. Rasa kerupuk yang renyah dan ikan yang khas, sangat nikmat dimakan dengan sambal. Anda dapat membeli kemplang di pasar tradisional Cinde Palembang.


Editor : Tuty Ocktaviany

KOMENTAR