Mengangkat Potensi Kopi Lokal lewat Kompetisi Bergengsi

Rahma Sari · Kamis, 11 Januari 2018 - 17:19 WIB

Kopi lokal Indonesia (Foto: Fullcircle)

JAKARTA, iNews.id - Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki berbagai macam aneka jenis kopi. Mulai dari kopi Gayo, Medan, Aceh hingga Papua. Tak sedikit dari jenis-jenis kopi ini mendunia dan disukai penikmat kopi.

Berbicara tentang kopi, tentunya identik dengan barista. Biji kopi mentah dan pahit bisa menjadi lezat ditangan seorang barista.

Bahkan, dalam rangka mengangkat kopi lokal, sebuah kompetisi diadakan untuk memunculkan inovasi terbaru dari sebuah kopi.

Kompetisi nasional Indonesia Coffee Event (ICE) akan mencari Barista terbaik di Indonesia. Kompetisi tahun ini mengangkat tema "Coffe For Unity".

Ketua Panitia Indonesia Coffe Event 2018, Yudistiro Bawono mengatakan, rangkaian kompetisi yang dikemas dalam satu gelaran besar ini bertujuan mengangkat potensi kopi lokal dari petani hingga Barista. Mereka diharapkan memunculkan inovasi baru yang akan menyemarakkan industri ini. Lebih luasnya, supaya publik Indonesia semakin sadar, potensi kopi nasional sangat membanggakan.

"Pemenang dari setiap kompetisi ICE 2018, akan mewakili Indonesia di ajang‎ kejuaraan dunia. Semoga wakil Indonesia tahun ini dapat menoreh prestasi lebih baik demi mengangkat pamor perkopian Indonesia di kancah global," ujar Yudistiro, di Hotel Artotel, Kamis (11/1/2018).

Menurutnya, ada empat kompetisi yang akan dipertandingkan, yaitu Indonesia Barista Championship (IBC), Indonesia Brewers Championship (IBrC), Indonesian Latte Art Championshop (ILAC)  dan Indonesia Cup Tasters Championship (ICTC).

Indonesia Coffe Event 2018, akan dibagi dalam dua regional, yaitu Eastern Championshop, meliputi Jawa Tengah, DIY Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTT, NTB, Sulawesi dan Papua. Sedangkan Western Championship, meliputi Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Sumatera, dan Kalimantan. 

"Nanti akan diambil juaranya dari masing-masing regional tersebut.  Penyisihan Timur dilaksanakan di Pakuwon Mall Surabaya dan penyisihan Barat di PIK Avenue Mall Jakarta," kata Yudistira.

Sedangkan finalis IBC akan bertanding di FHT Bali pada 1-3 Maret 2018. Lalu, finalis ICTC, ILAC, IBrC akan bertanding pada 18-20 Juli 2018, di Hotelex Jakarta. Total 253 Barista akan bertanding memperebutkan posisi untuk merepresentasikan Indonesia di kompetisi dunia.


Editor : Vien Dimyati

KOMENTAR