Menyeruput Minuman Tradisional Bajigur saat Hujan dengan Ubi Rebus

Rahma Sari · Kamis, 11 Januari 2018 - 13:09 WIB

Menikmati minuman tradisional (Foto: Topsone)

JAKARTA, iNews.id - Sebagai negara yang memiliki banyak pulau, tidak heran jika Indonesia memiliki berbagai macam minuman tradisional enak. Minuman tradisional yang memiliki banyak penggemar, sampai saat ini adalah bajigur.

Minuman ini sangat cocok diminum saat cuaca dingin karena dapat menghangatkan tubuh. Bajigur, sekoteng, dan bandrek masih dapat Anda temui dari penjual gerobak keliling.

Namun, lain halnya dengan selendang mayang khas Betawi yang mulai jarang ditemui. Ingin tahu minuman tradisional lainnya yang menggugah selera? Berikut minuman tradisional Indonesia yang harus Anda coba, seperti dirangkum iNews.id, Kamis (11/01/2018).

Bajigur

Bajigur sangat cocok diminum saat cuaca dingin, karena dapat menghangatkan tubuh. Minuman tradisional khas masyarakat Sunda ini, dibuat menggunakan bahan seperti gula aren, santan, sedikit jahe, garam, dan bubuk vanilla. Paling enak minum bajigur ditemani dengan pisang rebus, ubi rebus, dan kacang rebus.

Sekoteng

Sokoteng biasa dijual pada malam hari. Minuman asli Jawa Tengah ini, dibuat dengan bahan-bahan seperti jahe, gula merah, kacang hijau, kacang tanah, pacar cina, dan potongan roti. Minuman ini ternyata adaptasi dari tradisi China dan Jawa.

Wedang Ronde

Wedang ronde berisi seduhan air jahe dengan bola-bola dan disajikan bersama kacang yang sudah disangrai, kolang kaling, dan potongan roti dalam minuman. Wedang ronde sangat pas diminum saat hujan. Minuman ini biasa dijual dengan gerobak.

Bandrek

Minuman yang dapat menghangatkan tubuh ini terbuat dari rempah-rempah, seperti jahe, cengkeh, pala, lada hitam, dan gula aren. Saat ini Anda dapat menikmati bandrek dengan bubuk instan.

Selendang Mayang

Jajanan tradisional Betawi ini, sudah sangat jarang ditemui di Jakarta.  Selendang mayang dibuat dari sagu aren. Adonan kuenya dibuat seperti agar-agar dan dibuat berwarna-warni, seperti merah, hijau, dan putih. Adonan kue yang sudah dipotong, kemudian ditambahkan sirup gula jawa, kuah santan, dan es batu. Rasanya manis, legit, dan gurih.


Editor : Vien Dimyati

KOMENTAR