Nenek Usia 104 Tahun Ungkap Rahasia Panjang Umur karena Minuman Ini

Vien Dimyati · Selasa, 09 Januari 2018 - 19:41 WIB

Nenek usia 104 tahun ungkap rahasia panjang umur (Foto: Insider)

JAKARTA, iNews.id - Bagi sebagian wanita, menerapkan diet sudah menjadi aktivitas yang dilakukan setiap hari. Wanita kerap melakukan diet nasi, memakan sayur dan buah, hingga diet ekstrem.

Namun, seorang wanita di Michigan, Theresa Rowley mengungkap rahasia diet yang selama ini dia lakukan. Hingga usia memasuki 104 tahun, Theresa selalu terlihat sehat karena melakukan diet coke.

Theresa Rowley selalu memuji diet coke yang telah dia lakukan selama ini, bisa membuat panjang umur. Wanita asal Michigan itu mengatakan, dia minum sekaleng soda diet setiap  hari.

Setidaknya, Rowley meminum satu sendok diet coke sehari karena dia menyukai rasanya. "Saya meminumnya karena saya suka. Saya selalu belanja diet coke setiap hari Rabu, dan saya membutuhkan lebih banyak Diet Coke. Bahkan, saya memiliki satu kantong berisi kaleng diet coke yang kosong, dan bersiap untuk membelinya kembali," ujar Rowley, seperti dikutip iNews.id, melalui Insider, Selasa (9/1/2018).

Rowley menjelaskan, dia terkejut telah hidup begitu lama, meskipun ayahnya meninggal pada usia 102 tahun.

Ahli gizi Malina Linkas Malkani mengatakan, kebiasaan Rowley mengonsumsi diet coke, bukan hal yang menyebabkan dia bisa panjang umur. Sebaliknya, itu adalah karena perilaku genetika dan gaya hidup.

Ahli diet yang juga juru bicara media nasional untuk Academy of Nutrition and Dietetics ini mengatakan, genetika memiliki peran besar mengapa Rowley berumur panjang.

"Ada banyak mekanisme. Beberapa di dalam kendali kita, beberapa tidak. Ini yang memengaruhi cara gen berperilaku. Termasuk lingkungan juga berkontribusi. Bahkan, infeksi yang mungkin kita dapatkan, dan makanan yang kita makan, bisa menghidupkan atau mematikan gen tertentu," ujar Malkani.

Menurutnya, perilaku gaya hidup sehat, seperti makan makanan padat serat dan diet nabati setiap hari sangat sehat. Apalagi Anda bisa mengelola stres secara efektif. Ini telah terbukti memengaruhi ekspresi gen dengan cara yang positif. Bahkan, bisa membantu memperlambat, menghentikan, dan mengembalikan perkembangan penyakit. Makanya, orang dengan gen seperti ini bisa berumur panjang.

Mengenai kebiasaan diet Rowley, Malkani mengatakan, tidak ada bukti, minum soda diet berdampak positif pada umur panjang.

Menurut Malkani, beberapa orang menggunakan "pemanis non-gizi" untuk mengelola berat badan tanpa kalori ekstra. Mempertahankan bobot optimal dalam jangka panjang bisa berdampak positif pada umur panjang.

Malkani mencatat, hanya ada sedikit bukti yang menunjukkan keefektifan pemanis non-gizi sebagai strategi penurunan berat badan dan membuat seseorang berumur panjang.

Namun, sebaliknya, bukti menunjukkan, pemanis buatan menyebabkan kenaikan berat badan. Jika mengonsumsi pemanis buatan setiap hari, bisa berdampak pada kekurangan gizi, risiko penyakit yang lebih tinggi, dan hasrat yang tak terkendali.

Bagi Anda yang mengikuti gaya diet Rowley dengan melakukan diet coke, belum tentu menghasilkan kehidupan yang lebih baik. Bisa jadi, ini akan membuat berat badan bertambah naik. Bagi Anda yang ingin melakukan program diet, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter ahli gizi.


Editor : Vien Dimyati

KOMENTAR