Geopark Indonesia

Nikmati Keindahan Gunung Lokon dan Danau Linow di Minahasa

iNews · Selasa, 13 Februari 2018 - 09:29 WIB

Keunikan Gunung Lokon adalah letak kawah yang bukan berada di bagian puncaknya, melainkan di bagian lereng. (Foto: iNews.id)

MINAHASA, iNews.id - Tomohon menjadi kota di Sulawesi Utara yang dikelilingi banyak gunung berapi. Salah satunya adalah Gunung Mahawu dan Lokon yang hanya berjarak 5 kilometer dari pusat Kota Tomohon. 

Gunung Mahawu adalah gunung berapi stratovolcano yang terletak di timur Gunung Lokon, Sulawesi Utara. Masyarakat Minahasa menamai Mahawu karena gunung itu sering mengeluarkan abu. Walaupun sudah tidak aktif, namun aroma belerang masih tercium di sekitar lokasi.

Gunung Lokon memiliki sejumlah keunikan, salah satunya adalah letak kawah yang bukan berada di bagian puncaknya, melainkan di bagian lereng. Gunung tersebut sempat meletus beberapa kali. Letusan terakhir terjadi pada 2015 dan menciptakan kolom abu setinggi 1.500 meter hingga membuat abu vulkanis.

Selain pegunungan, di kawasan tersebut juga terdapat danau yang menjadi pelengkap kompleks situs geologi di Sulawesi Utara. Namanya Danau Linow. Kata Linow diambil dari bahasa Minahasa, yaitu Lilinowan yang berarti tempat berkumpulnya air.

Tampak dari kejauhan, warna air danau dapat berubah-ubah menjadi hijau, biru dan kuning kecoklatan. Menurut penelitian, perubahan warna terjadi karena unsur belerang yang tertimbun di dalam danau, serta pembiasan dan pantulan cahaya matahari.

Bagi Anda yang ingin mencari objek wisata indah di Tanah Air, saksikan program Geopark Indonesia di iNews TV, setiap Sabtu, pukul 15.15 WIB.

Video Editor: Khoirul Anfal
 

Editor : Dani Dahwilani

KOMENTAR