Nikmati Kuliner Lezat Khas Medan, Ini Dia Rekomendasi Rio Riezky

Rahma Sari · Senin, 12 Februari 2018 - 00:05 WIB

Soto medan jadi kuliner favorit. (Foto: Menuresepmasakan)

JAKARTA, iNews.id - Medan memiliki banyak kuliner lezat yang harus dicicipi. Rio Riezky, penyanyi asal Medan mengaku sangat menyukai soto medan. Meski setiap kota memiliki makanan soto, namun soto medan memiliki ciri khas.

“Medan makanan sih banyak banget, yang enak tuh soto medan. Bedanya sama soto daerah lain, di Medan lebih bersantan. Kalau di sini kan soto betawi ada santannya, tapi sedikit ya. Kalau Medan benar-benar santan gitulah,” ungkap Rio saat mengunjungi redaksi iNews.id, Gedung iNews Center, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, belum lama ini.

Selain soto, Medan juga sangat khas dengan duriannya. Saat musim durian,  ada banyak penjual durian yang bisa ditemui. Harganya pun sangat murah jika sedang musim durian.

“Di Medan banyak duren. Tapi, gue enggak suka duren. Tapi kalau ada orang yang lagi makan duren enggak jijik, cuma menghindari,” lanjut Rio.

Selain soto medan dan durian, masih ada banyak makanan khas Medan lainnya. Berikut yang dirangkum iNews.id, Senin (12/02/2018).

Soto Medan

Setiap daerah memang memiliki masakan soto. Namun yang membedakan soto medan dengan daerah lainnya adalah santannya yang begitu terasa, dicampur dengan rempah-rempah khas. Kuah yang kental ditambah dengan kentang, suwiran ayam, tomat, bawang goreng, perasan jeruk nipis, dan sambal akan sangat nikmat dimakan saat hangat.

Durian Medan

Buah durian memang memiliki banyak penggemar. Jika Anda penggemar buah durian, jangan lupa untuk membeli durian saat berkunjung ke Medan. Jika sedang musim panen durian, harga durian di Medan sangat murah. Rasanya yang legit dan dagingnya yang banyak, membuat Anda sulit berhenti memakannya.

Lemang

Lemang merupakan makanan khas warga Medan. Saat perayaan Idul Fitri, warga di Mandailing Natal bahkan membuat sajian lemang sebagai sajian khas. Lemang dibuat dari beras ketan, santan, garam yang kemudian dibungkus dengan daun piang, lalu dimasukkan dalam bambu. Lemang kemudian dibakar hingga matang.

Teri Medan

Ikan teri medan menjadi favorit warga Medan. Ikan dengan rasa gurih asin ini sangat lezat dicampur dengan kacang tanah goreng dan dibuat sambal balado. Lalu, dimakan bersama dengan nasi panas. Anda juga bisa membawa pulang ikan teri ini sebagai oleh-oleh.


Editor : Tuty Ocktaviany

KOMENTAR