Perayaan Imlek Spektakuler di Dunia, Kunjungi Chinatown Tertua Manila

Vien Dimyati · Kamis, 15 Februari 2018 - 14:59 WIB

Perayaan Imlek di dunia (Foto: Sydney)

JAKARTA, iNews.id - Tahun Baru Imlek yang jatuh pada 16 Februari menjadi momen penting bagi masyarakat Tionghoa. Jika Anda bosan dengan perayaan Tahun Baru Imlek yang biasa saja di rumah, mengapa tidak pergi merayakan di Chinatown tertua di dunia seperti di Manila.

Di Manila, Anda akan melihat sebuah kota tertua yang memiliki komunitas China terbesar di Filipina. Tidak hanya di Manila yang menggelar perayaan Imlek yang spektakuler. Beberapa kota juga menampilkan berbagai macam pertunjukan. Seperti di Jakarta hingga Taipei yang menggelar pertunjukan kembang api.

Ingin tahu kota-kota mana saja di dunia yang merayakan Tahun Baru Imlek yang spektakuler? Berikut ulasan yang dirangkum iNews.id melalui Tripzilla, Kamis (15/2/2018).

Manila, Filipina

Manila memiliki perayaan Imlek yang spektakuler. Anda harus berkunjung merayakan Imlek di Chinatown tertua di dunia, di Binondo, Manila. Didirikan pada abad 16, distrik ini menjadi pusat komunitas Tionghoa terbesar di Filipina dan memiliki peran penting dalam merayakan Tahun Baru Imlek. Di sini, Anda akan melihat bangunan bersejarah Filipino-Chinese Friendship arch, menyaksikan pertunjukan tarian naga dan menyalakan petasan.

Jakarta, Indonesia

Tahukah Anda, pada 1999, perayaan Imlek di Indonesia masih ilegal untuk dilaksanakan secara terbuka. Namun, larangan tersebut telah dicabut dan populasi China dapat bersukacita merayakan Imlek bersama dengan umat Tionghoa lain di dunia. Jakarta menjadi kota yang menarik bagi masyarakat Tionghoa untuk merayakan Imlek. Hal tersebut dikarenakan, komunitas China yang ada di Jakarta merupakan paling besar di Indonesia.

Di Jakarta, Anda bisa melihat berbagai macam pertunjukan tarian barongsai. Melihat etnis Tionghoa berduyun-duyun ke kuil menghabiskan liburan. Di kuil, warga Tionghoa akan berdoa, mencari keberuntungan dengan melepaskan burung pipit. Bagi mereka yang mencari Tahun Baru Imlek yang lebih tradisional, bergabunglah di keramaian kuil dan rasakan aspek spiritual dari perayaan ini.

Taipei, Taiwan

Ketika orang memikirkan Taipei, mereka akan berpikir tentang pertunjukan kembang api dari Taipei 101, sebuah gedung pencakar langit yang terkenal. Kembang api ini hanya muncul pada Tahun Baru Imlek. Jadi jangan mengharapkan apa pun setelah itu. Namun, jangan khawatir, kota ini masih akan terang dengan baik.

Perayaan Tahun Baru Imlek ini dimulai pada tahun lunar, Taipei juga merayakannya dengan mengadakan Festival Lantern. Ini dimulai pada 15 bulan lunar pertama (2 Maret) bertepatan dengan bulan purnama. Lentera yang didesain sangat indah dilengkapi lampu LED, sehingga membuat kota menjadi hidup.

Di festival, daya tarik utamanya adalah lentera setinggi 21 meter yang didesain anak muda dari suku Tsou. Jika Anda ingin memperpanjang perayaan Tahun Baru Imlek di Taipei lebih lama, lampu dan lentera yang memesona di sini jelas merupakan pilihan yang tepat!

London, Inggris

Menarik lebih dari 700.000 orang per tahun, perayaan Tahun Baru Imlek di London adalah yang terbesar di luar Asia. Pesta tersebut tidak hanya dilakukan di Chinatown saja. Pertunjukkan Tahun Baru Imlek bisa dinikmati di berbagai lokasi lain.

Tanggal yang harus diingat adalah 18 Februari. Parade akan dimulai dari Charing Cross Road, bergerak di sepanjang Shaftesbury Avenue, sebelum akhirnya ditutup dengan pertunjukan dan lampu efek khusus yang tampil di Trafalgar Square. Jangan lewatkan kesempatan untuk bergabung dalam perayaan besar ini.


Editor : Vien Dimyati

KOMENTAR