Rahasia Memasak Ikan Keberuntungan yang Lezat untuk Perayaan Imlek

Vien Dimyati · Kamis, 15 Februari 2018 - 18:51 WIB

Memasak ikan untuk perayaan Imlek (Foto: Omnivorescookbook)

Jakarta, iNews.id - Dalam perayaan Tahun Baru Imlek, ikan menjadi salah satu menu yang harus ada di atas meja. Sebab, warga Tionghoa memercayai, memasak ikan secara utuh pada perayaan Imlek akan mendatangkan keberuntungan.

Pada perayaan Imlek kali ini, Anda bisa memasaknya dengan cara di steamed atau dikukus. Ikan kukus merupakan hidangan yang mewakili kekayaan dan keberuntungan.

Meski ikan kukus adalah sajian yang sangat sederhana, namun memasaknya membutuhkan beberapa teknik agar mendapatkan rasa yang lezat.

Lantas, seperti apa rahasia warga Tionghoa memasak ikan yang lezat untuk menu Imlek? Berikut ulasan iNews.id, seperti dilansir melalui Omnivorescookbook, Kamis (15/2/2018).

Pilih ikan segar

Selalu pilih ikan hidup jika memungkinkan. Jika tidak, coba pilih ikan yang sangat segar. Jika ikannya segar, pasti ada mata yang jernih dan sisiknya jelas. Ikan yang segar tidak akan ada bau amis atau busuk.

Pilih ikan yang lebih kecil dan tipis

Usahakan memilih ikan yang berukuran kecil sekitar 550 gram (20 ounces). Jangan pilih ikan yang lebih berat dari 700 gram (25 ounces). Memasak ikan kukus dengan menggunakan bumbu. Semakin besar ikan, semakin keras dan lebih tebal dagingnya, sehingga akan menghasilkan tekstur yang keras. Ikan dengan daging lebih tipis atau kecil akan lebih nikmat disantap.

Keringkan ikan sebelum dimasak

Anda bisa menempatkan ikan dalam saringan selama satu jam. Jika ingin mempercepat prosesnya dan sedikit tekan kedua sisi ikan dengan kertas. Ini membantu mengencangkan daging ikan. Tekstur ikan akan lebih halus dan menyerap rasa lebih baik setelah dimasak.

Jangan terlalu lama

Saat mengukus ikan, sangat penting untuk menjaga agar panasnya tetap tinggi. Dengan demikian, ikan dimasak hanya dalam waktu singkat. Ikan berukuran 550 gram (20 ons) biasanya memakan waktu lima sampai delapan menit saat memasak. Ikan yang lebih besar dan tebal membutuhkan lebih banyak waktu delapan sampai 10 menit. Periksa kematangan ikan setelah lima menit. Jika Anda bisa menggunakan sepasang sumpit atau garpu untuk mengeluarkan daging ikan dari tulang dengan mudah, maka ikan tersebut sudah matang.

Cara masak

Setelah memanaskan minyak, tuang ikan, lalu tambahkan kecap yang sudah dibumbui. Minyak tersebut akan memasak ikan, kecap, jadi rasanya akan berbaur dengan baik ke dalam ikan. Jangan tambahkan kecap asin saat mengukus ikan. Rasa sausnya akan menjadi pahit dan rasa ikan akan hilang saat dipanaskan. Untuk tambahan lauk pauknya, pilih sayuran yang lebih ringan seperti salad mentimun, salad strip kentang atau brokoli China dengan saus tiram.


Editor : Vien Dimyati

KOMENTAR